London (ANTARA News) - Louis van Gaal mengakui bahwa Manchester United mungkin perlu menjuarai Liga Europa untuk dapat lolos ke Liga Champions, setelah mereka kalah 1-2 di markas Sunderland pada Sabtu waktu setempat.

Berupaya untuk memangkas selisih enam angka yang memisahkan mereka dari zona Liga Champions, United kemasukan pada menit ketiga ketika tendangan bebas Wahbi Khazri membawa Sunderland memimpin.

Anthony Martial menyamakan kedudukan sebelum turun minum, namun gol bunuh diri yang dilakukan kiper United David de Gea membuat Sunderland meraup tiga angka dan meningkatkan tekanan terhadap pelatih United Van Gaal.

"Akan sangat sulit sekarang (untuk finis di empat besar) karena kami menyia-nyiakan lima angka, Chelsea dan yang sekarang ini," kata Van Gaal, mengacu kepada hasil imbang 1-1 di markas Chelsea akhir pekan silam. "Itu terlalu banyak untuk saat ini."

United akan menghadapi tim Denmark FC Midtjylland di 32 besar Liga Europa pada pekan depan, dan Van Gaal setuju bahwa peluang terbaik timnya mencapai Liga Champions adalah menjuarai kompetisi strata kedua tersebut.

"Setelah pertandingan ini, saya pikir itulah rute terbaik," ucapnya kepada BT Sport di Stadium of Light.

Untuk menambah penderitaan United, bek kanan asal Italia Matteo Darmian mengalami dislokasi bahu kiri yang menurut Van Gaal akan membuatnya absen selama "beberapa pekan."

Dengan Antonio Valencia, Marcos Rojo, Ashley Young, Phil Jones, Guillermo Varela, dan Luke Shaw telah lebih dahulu menepi, United menyelesaikan pertandingan dengan Cameron Borthwick-Jackson (19) dan Donald Love (21) mengisi posisi jantung pertahanan.

Khazri memberi umpan kepada Jermain Defoe untuk mencetak gol penyama kedudukan saat Sunderland bermain imbang 2-2 di markas Liverpool, dan ia memberikan impresi yang bagus pada debut kandangnya dengan tendangan bebas yang menghindari semua pemain untuk bersarang ke sudut kanan bawah gawang.

United mencoba membangun kekuatan dan menyamakan kedudukan pada menit ke-39, ketika Martial mengemas gol kesepuluhnya musim ini setelah Vito Mannone menepis tembakan mendatar Juan Mata.

Namun tim peringkat kedua dari bawah Sunderland kembali unggul ketika Lamine Kone yang tidak terkawal menyambar sepakan Khazri dengan tandukan keras yang meluncur ke gawang setelah mengenai kaki kanan Martial dan siku kanan De Gea.

United pada pekan lalu dilaporkan telah mendekati Jose Mourinho perihal menggantikan Van Gaal.

Pria asal Belanda itu mengatakan cerita itu merupakan karangan media dan ketika ditanyai apakah ia merasa hasil di Sunderland membuatnya semakin berada di bawah tekanan, ia membalas, "Tidak.

Payet menginspirasi kebangkitan

Bekas klub Mourinho Chelsea terus memperbaiki penampilan di bawah pelatih sementara Guus Hidink, dan memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi 12 pertandingan berkat kemenangan 5-1 atas tamunya Newcastle United yang mendongkrak mereka ke peringkat ke-12.

Diego Costa, yang mengenakan masket untuk melindungi hidungnya yang patah, Pedro Rodriguez dan Willian mencetak gol pada 17 menit pertama, di mana Pedro menambahi gol kedua sebelum pemain pengganti Bertrand Traore melengkapi pesta gol Si Biru.

Andros Towsend membalas satu gol untuk Newcastle yang diarsiteki Steve McClaren, kembali masuk zona degradasi.

Chelsea kini terpaut delapan angka dari zona Eropa, namun kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cedera yang menimpa John Terry, yang harus meninggalakan lapangan pada menit ke-38 akibat mendarat dengan posisi yang kurang tepat.

Dengan tim peringkat keempat Manchester City menjamu Tottenham Hotspur dan pemuncak klasemen Leicester City mengunjungi tim peringkat ketiga Arsenal pada Minggu, kekalahan semakin membuat United frustrasi ketika mereka memiliki peluang untuk mendekati empat besar.

Mereka mempertahankan peringkat kelima karena West Ham United mampu bangkit dari tertinggal 0-2 untuk imbang 2-2 di markas Norwich City.



Dimitri Payet merayakan kontrak barunya di West Ham dengan mencetak gol dan memberi umpan kepada Mark Noble untuk mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-76, setelah gol-gol dari Robbie Brady dan Wes Hoolahan terlihat akan mengantarkan Norwich meraih kemenangan.

Southampton menggeser West Ham untuk menghuni peringkat keenam melalui keunggulan selisih gol, setelah memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi enam pertandingan liga dengan meraih kemenangan 1-0 atas Swansea City berkat tandukan Shane Long pada menit ke-69.

Watford sekarang menghuni peringkat kedelapan setelah kapten Troy Deeney mencetak dua gol saat timnya menang 2-1 di markas Crystal Palace, yang sempat menyamakan kedudukan melalui tandukan kepala rekrutan baru Emmanuel Adebayor.

Stoke menghuni peringkat kesembilan menyusul kemenangan 3-1 di markas Bournemouth, di mana rekrutan baru bernilai 18,3 juta pound Giannelli Imbula membuka gol melalui sepakan voli pada menit kesembilan.

Ibrahim Afellay dan Joselu membawa Stoke memimpin terlebih dahulu pada babak kedua, sebelum Matt Ritchie membalas satu gol.

Everton kehilangan posisi dari rival-rival mereka untuk tampil di sepak bola Eropa setelah kalah 0-1 dari West Bromwich Albion, yang meraih kemenangan gol kemenangan melalui Salomon Rondon pada menit ke-14, demikian AFP melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016