Selasa, 24 Mei 2016

Bandung miliki destinasi wisata asah berlian

| 7.657 Views
id wisata berlian, kompleks citra green blok n no1-10 kota bandung, proses pengasahan dan pemotongan berlian
Bandung miliki destinasi wisata asah berlian
Ilustrasi. Seorang karyawan merapikan berbagai koleksi berlian Belva Jewellery di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Minggu (17/11). Koleksi berlian yang mencapai harga Rp100 juta hingga Rp500 juta menjadi alternatif investasi bagi sebagian warga selain emas. (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)
...wisatawan bia memilih berlian berkualitas tinggi dengan harga Rp1 juta hingga Rp1 miliar."
Bandung (ANTRAA News) - Objek wisata edukasi produksi berupa proses asah berlian menambah destinasi pariwisata di Kota Bandung yang diharapkan menjadi ikon Kota Kembang, kata pengelola Indo Wisata Permata, Yofi Mesa Yudi di Bandung, Ahad.

Ditemui di sela-sela peluncuran wisata edukasi berlian di kawasan Kompleks Citra Green Blok N No-1-10 Kota Bandung, Yofi mengatakan selama ini Indonesia dikenal sebagai penghasil berlian yang berkualitas, namun proses pengasahan dan pemotongannya masih tradisional sehingga kurang bersaing di pasar dunia.

"Mulai saat ini kami membuka untuk umum bagi siapa saja pecinta permata untuk melihat langsung proses berlian mentah menjadi sebuah batu permata yang berkualitas dan bernilai tinggi dengan menggunakan mesin terbaik dan tenaga ahli yang terampil di bidangnya," kata Yofi.

Dia mengatakan bagi wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan berlian yang dilakukan oleh tenaga terampil yang didatangkan dari India.

Dikatakan dia, Indonesia khususnya Kalimantan sebenarnya memiliki berlian yang tidak kalah baiknya dengan Afrika Selatan, namun karena prosesnya masih dilakukan secara tradisional, batu mulia asal Indonesia kurang bersaing di dunia.

Yofi mengajak wisatawan berbagi pengetahuan dengan melihat langsung proses pembuatan berlian dari awal hingga akhir yang hanya dibatasi dengan kaca tembus pandang.

"Tidak ada yang dirahasiakan disini karena dari awal bahan baku batu permata menjadi berlian kualitas wahid bisa disaksikan langsung dari dekat," ujar dia.

Yofi juga berkeinginan untuk mengangkat berlian Indonesia di dunia internasional dan dengan harga yang bersaing. "Khusus di Bandung wisatawan bia memilih berlian berkualitas tinggi dengan harga Rp1 juta hingga Rp1 miliar," katanya.

Menurut dia, ini merupakan lokasi wisata edukasi permata pertama di Asia.

"Jika datang ke negara lain, memang ada wisata seperti ini. Namun di sana tidak diperlihatkan secara terbuka tentang proses pengerjaan berlian mulai dari bongkahan hingga berlian yang indah," katanya.

Di sini, kata dia, pihaknya juga ingin memberi edukasi kepada masyarakat, agar tidak asal beli saja dengan harga mahal. "Untuk datang ke lokasi wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 50.000 dan akan memperoleh voucher senilai harga tiket tersebut. Nantinya voucher tersebut bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman yang disediakan di lokasi tersebut," tukas Yofi.

Sementara itu sejumlah penggemar dan pecinta berlian menyambut antusias dibukanya wisata edukasi berlian tersebut karena dengan destinasi wisata baru ini, para pecinta berlian bisa mengetahui proses pembuatan batu permata secara terbuka.

"Di sini berbeda dengan kita melihat di toko berlian. Kita bisa mengetahui secara langsung proses pembuatan berlian mulai dari tahap awal hingga akhir. Semua diperlihatkan kepada kita," ujar Yuni (40) salah seorang penggemar batu permata.

Dikatakan dia, di lokasi ini para pengunjung diberikan pengetahuan yang lebih banyak tentang berlian. "Hal itu jelas sangat berbeda jika kita hanya datang ke toko berlian atau toko emas permata," tuturnya.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar Pembaca
Baca Juga