Jakarta (ANTARA News) - Perlombaan lari Maybank Bali Marathon 2016 menargetkan keikutsertaan 7.000 peserta atau naik sekitar 30 persen dari jumlah peserta pada BII Maybank Bali Marathon 2015.

"Kami berharap ada peningkatan peserta pada tahun ini. Tapi, kami juga akan menerapkan perubahan pola start demi kenyamanan peserta mengingat jalan di Bali tidak begitu lebar," kata Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria selaku penyelenggara perlombaan di Jakarta, Selasa.

Maybank Bali Marathon 2016 akan berlangsung pada 28 Agustus 2016 di Kabupaten Gianyar, Bali. Perlombaan itu terbagi dalam kategori full-marathon, half-marathon, 10 K, dan lomba lari anak.

"Kami telah memperhitungkan sejumlah faktor seperti perayaan hari besar keagamaan, cuaca, bahkan Pekan Olahraga Nasional 2016 sebelum menetapkan tanggal pelaksanaan lomba," kata

Meskipun belum menetapkan harga pendaftaran untuk masing-masing kategori, panitia Maybank Bali Marathon 2016 akan membuka pendaftaran pada 15 April 2016.

"Kami akan menambah kuota peserta untuk kategori full-marathon dan half-marathon. Kami berusaha tetap mempertahankan kualitas perlombaan dengan fasilitas-fasilitas yang akan kami sediakan," kata Taswin tanpa menyebut jumlah penambahan kuota itu.

Perlombaan itu merupakan perlombaan lari maraton tahun kelima yang diselenggarakan Maybank. Bank asal Malaysia itu telah memulai perlombaan lari maraton di Bali sejak 2012.

Manajer Perlombaan Maybank Bali Marathon 2016 Esti Nugraheni mengakui panitia penyelenggara belum menetapkan atlet-atlet nasional maupun atlet daerah yang akan meramaikan perlombaan itu.

"Kami akan mendiskusikan bersama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia tentang atlet-atlet nasional ataupun internasional yang dapat ikut berlomba," kata Esti.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016