Jakarta (ANTARA News) - Voice over LTE (VoLTE) saat ini sudah mulai diterapkan oleh sejumlah operator telekomunikasi di dunia. Teknologi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan layanan suara pada umumnya.

Dalam temu media di Jakarta, Selasa, Smartphone Product Development Head, PT Smartfren Telecom, Ario Junianto, menjelaskan VoLTE adalah layanan voice call yang menggunakan jaringan 4G LTE melalui IMS (IP Multimedia syarem) yang memiliki "jalur khusus" (Dedicated bearer).

Keuntungan menggunakan jalur ini, menurut Ario, adalah bisamemisahkan traffic VoLTE dengan penggunaan data lainnya.

Berikut keuntungan teknologi VoLTE yang disampaikan Ario.

1. Pengguna akan merasa suara yang jernih dan dekat VoLTE menawarkan panggilan suara HD. Batas pendengaran manusia 20-20.000 Hz, sedangkan batas output tradisional 30-30.000 Hz sementara VoLTE 50-70.000 Hz. "Sehingga suara yang didengar benar-benar clear," ujar Ario.

2. Mengurangi suara latar belakang. Menurut Ario, saat digunakan di tempat yang ramai, pengguna tidak perlu teriak-teriak. Hal ini terjadi karena VoLTE memiliki teknologi khusus untuk menyaring kebisingan.
"Jaringan VoLTE akan direntan voice reduce, jadi kalau ada suara bukan manusia akan dihilangkan," kata dia.

3. Penggunaan telepon dan data dapat dilakukan bersamaan.
"Koneksi data semua tetap running bersamaan. Saat download misalnya, mengunduh data di VoLTE tidak akan putus," ujar Ario.

4. Call setup yang cepat.  Jika dibandingkan dengan layanan panggilan suara tradisional, VoLTE jauh lebih cepat tersambung. "Sebagai perbandingannya, butuh waktu 0,8 detik bagi panggilan suara tradisional untuk tersambung, sedangkan VoLTE kami coba hanya membutuhkan waktu 0,2 detik," kata Ario.

"Bahkan, jika penerima panggilan sedang berada di samping perangkat, belum bunyi "tuuut" sudah diangkat," tambah dia.



Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016