Jakarta (ANTARA News) - Teknologi Voice over LTE (VoLTE) sudah mulai digunakan di sejumlah negara, dan tidak lama lagi masyarakat Indonesia juga akan dapat menikmati layanan tersebut.

Pada akhir bulan lalu, Smartfren sempat menyebutkan akan menghadirkan layanan VoLTE. Setelah melakukan berbagai persiapan, kini operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA dan 4G itu mengungkap teknologi VoLTE miliknya yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

"Kami telah menghadirkan jaringan 4G LTE Advanced, dan hadirnya VoLTE akan meningkatkan pengalaman pengguna," kata Sukoco Purwokardjono, Head of Smartphone Smartfren, di Jakarta, Rabu.

Meski saat ini pengguna perangkat mobile lebih senang bertukar pesan instan, Sukaca optomistis teknologi VoLTE tetap akan digunakan.

"Voice tetap digunakan untuk kondisi yang mendesak dan untuk sesuatu yang tidak mungkon dijelaskan lewat teks. Selain itu, voice juga memiliki efek psikologis," kata dia.

Lebih dari itu, Smartphone Product Development Head, PT Smartfren Telecom, Ario Junianto, menjelaskan bahwa teknologi VoLTE Smartfren, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman baru dimana panggilan masuk dapat tersambung lebih cepat, suara yang lebih jernih dengan kualitas HD.

Tidak hanya itu, dengan teknologi tersebut pengguna tetap dapat mengangkat panggilan suara tanpa harus menggangu proses download yang sedang berlangsung.

Meski tidak memiliki paket data, pengguna VoLTE tetap dapat menggunakan teknologi tersebut asalkan memiliki pulsa reguler. "Tarif VoLTE berdasarkan tarif voice, menggunakan pulsa biasa," ujar Ario.

Pengguna VoLTE tetap dapat melakukan panggilan suara kepada pengguna dengan layanan panggilan suara tradisional seperti biasa. Bedanya, pengguna VoLTE akan merasakan keunggulan teknologi VoLTE, sementara lawan bicara dalam hal ini pengguna non-VoLTE tidak.

Selain dapat menghasilkan kualitas panggilan suara yang lebih baik, VoLTE Smartfren juga mendukung untuk melakukan panggilan video call ke sesama perangkat yang mendukung VoLTE. "Video call stabil, hanya perlu satu bar sinyal 4G sudah dapat melakukan panggilan video. Bahkan, kalau tidak nyaman, kami memiliki fitur yang memungkinkan video satu arah," kata Ario.

Lebih lanjut, Sukaca menjelaskan bahwa selain jaringan, syarat hadirnya teknologi VoLTE, adalah dukungan kartu dan handset. Oleh karena itu, Smartfren akan meluncurkan ponsel pintar Andromax 4G LTE yang memanfaatkan teknologi VoLTE pada Jumat (19/2/2016) mendatang.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016