... yang kita inginkan untuk menduduki jabatan tersebut harus orang asli Papua."
Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua sedang menyeleksi nama-nama calon Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia yang akan diajukan ke pemerintah pusat.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya sementara ini tengah mendiskusikan beberapa nama sebagai calon Presdir PT Freeport Indonesia (FI).

"Beberapa nama sedang kita pertimbangkan, namun belum diputuskan siapa yang akan diajukan," katanya.

Menurut Lukas, nama-nama yang nantinya diajukan ke pemerintah pusat itu memiliki kapasitas dan potensi untuk menduduki jabatan Presdir PT FI.

"Sementara baru sebatas diskusi nama-nama yang kita inginkan untuk menduduki jabatan tersebut harus orang asli Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Panjaitan mengenai nama-nama yang akan diajukan sebagai Presdir PT FI.

"Saya belum bisa menyebutkan nama-nama yang akan diajukan, namun ada beberapa nama yang sementara diseleksi," ucapnya.

Sebelumnya, ia mendukung dan menerima tuntutan puluhan mahasiswa yang mendatanginya ke Kantor Gubernur Papua untuk menuntut bahwa Presdir PT FI harus orang asli Papua.

"Sudah disampaikan kepada pemerintah pusat pasca-berakhirnya jabatan presdir lama bahwa penggantinya haruslah orang asli Papua," demikian Lukas Enembe.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016