Kuala Lumpur (ANTARA News/AFP) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menegaskan kembali dukungannya kepada Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa dari Bahrain untuk menggantikan Sepp Blatter sebagai presiden Badan Sepak Bola Dunia (FIFA).

Sheikh Salman, yang kini Ketua AFC, adalah satu dari dari lima kandidat presiden  FIFA pada pemilihan 26 Februari mendatang.

Richard Lai, ketua komite marketing AFC meminta negara-negara anggota AFC memberikan suaranya kepada Sheikh Salman.

"Visi kami adalah Satu Asia, Satu Tujuan. Tujuan kami adalah Asia bersatu dan menunjukkan bahwa kami harus kompak mendukung ketua kami di pemilihan FIFA nanti," kata Lai.

"Saat ini Asia punya dua kandidat. Kami harus bersatu mendukung calon yang akan menyampaikan reformasi ini dan itu adalah ketua AFC," tambahnya.

Calon dari Asia lainnya adalah Pangeran Ali bin al Hussein, adik Raja Yordania Abdullah.

Komite Eksekutif AFC sebelumnya dalam pertemuan di New Delhi dan Doha telah mengatakan bahwa mereka akan mendukung Sheikh Salman.

"Terima kasih atas dukungan ini sehingga saya dapat ikut dalam pencalonan ini dengan dukungan penuh dari konfederasi saya, ini sangat membantu kampanye saya," kata Sheikh Salman ketika itu.

Sheikh Salman memimpin AFC pada 2013 setelah terdepaknya Mohamed bin Hammad karena kasus korupsi.

Tahun lalu Sheikh Salman kembali terpilih secara aklamasi untuk periode empat tahun dan menjadi salah satu wakil ketua FIFA.

Namun ia sempat disorot soal keterlibatannya dalam penindakan represif terhadap aktivis prodemokrasi di Bahrain pada 2011 yang kemudian dibantahnya.

Selain kandidat dari Asia, calon ketua FIFA lainnya adalah Gianni Infantino dari Swiss, Tokyo Sexwale dari Afrika Selatan dan Jerome Champagne dari Prancis, demikian AFP.

(T004/A011)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016