Beijing, Tiongkok (ANTARA News) - Tiongkok mengkonfirmasi bahwa mereka menempatkan sejumlah senjata di sebuah pulau yang disengketakan di Laut Tiongkok Selatan, saat Menteri luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menuduh Beijing melakukan militerisasi di wilayah strategis yang penting itu.

Pihak Amerika Serikat dan Taiwan keduanya mengatakan Tiongkok telah menempatkan sejumlah misil di Pulau Woody, yang menjadi bagian dari kepulauan Paracels, setelah media Fox News, melaporkan bahwa persenjataan darat ke udara telah tiba di tempat itu minggu lalu.

Beijing mengklaim seluruh wilayah Paracels meskipun Hanoi dan Taipei juga mengklaim wilayah yang sama.

Tiongkok menguasai sejumlah pulau dari Vietnam Selatan dalam pertempuran sengit yang berlangsung singkat sebelum akhir Perang Vietnam.

Kementerian Pertahanan Tiongkok mengkonfirmasi bahwa Tiongkok telah menempatkan sejumlah persenjataan di pulau itu sejak dahulu, dilaporkan oleh surat kabar Global Times yang berhubungan erat dengan partai komunis yang berkuasa.

Namun, mereka tidak menjelaskan persenjataan apa tepatnya yang ditempatkan di pulau itu.

Global Times mengatakan laporan yang ada belakangan ini merupakan sebuah contoh dari media Barat yang memainkan cara yang sama terkait "ancaman Tiongkok", surat kabar itu mengutip pernyataan kantor berita resmi pemerintah Tiongkok.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016