Seluruh penumpang dalam keadaan selamat dan tidak ada yang cedera."
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, memastikan seluruh penumpang pesawat maskapainya bernomor penerbangan JT 263 rute Balikpapan ke Surabaya yang tergelincir di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo-Surabaya, selamat.

"Seluruh penumpang dalam keadaan selamat dan tidak ada yang cedera. Pesawat juga tidak mengalami kerusakan," catat Edward dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Ia mengemukakan, saat ini penumpang telah dievakuasi ke terminal Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Pesawat Lion Air JT 263 dengan rute Balikpapan - Surabaya tergelincir (over run) sekitar satu meter pada saat mendarat di Bandara Juanda yang tengah dilanda hujan.

Saat itu pesawat bernomor registrasi PK-LFG mengangkut penumpang sebanyak 205 dewasa, enam anak-anak dan empat anak di bawah lima tahun (balita).

Pesawat tersebut berangkat menuju Surabaya dari Balikpapan pada pukul 10.30 waktu setempat dan mendarat di Surabaya pada pukul 11.37 waktu setempat.

Sementara itu, Manager Pelayanan dan Umum PT Angkasa Pura Juanda Surabaya Didik Tjatur P dalam keterangan tertulisnya mengatakan peristiwa itu menyebabkan Bandara Internasional Juanda sempat ditutup sampai dengan pukul 15.30 WIB.

"Penutupan tersebut dilakukan karena saat ini masih dalam proses evakuasi dengan melakukan penarikan badan pesawat," katanya.

Selain itu, sejumlah penerbangan nasional dan internasional juga ada yang pendaratannya dialihkan dari Bandara Internasional Juanda ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016