Pontianak (ANTARA News) - Sebanyak seratus peserta yang terdiri dari pejalan kaki dan mobil hias siap meramaikan Pawai Lampion yang akan digelar malam nanti.

"Total keseluruhan yang terdaftar di panitia ada 100 peserta, yang terdiri dari peserta pejalan kaki dan mobil hias," kata Ketua Pelaksana Pawai Lampion Singkawang, Samson, Sabtu.

Pawai Lampion, katanya, akan dimulai pada pukul 19.00 wib hingga selesai. Sedangkan rute yang akan dilalui, di mulai dari Singkawang Grand Mall Jalan Alianyang, menuju ke Jalan Firdaus 1, Jalan Ponegoro, Jalan Budi Utomo, Jalan Nusantara, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kalimantan, Jalan Setia Budi, Jalan Hasan Saad, Jalan Kepol Mahmud.

"Untuk peserta pawai jalan kaki, akan berhenti di toko Liga Biru tepatnya di Jalan Kepol Mahmud. Sedangkan peserta pawai yang menggunakan kendaraan tetap jalan ke GM Situt, jalan Yohana Godang, dan finis di Singkawang Grand Mall," tuturnya.

Ditempat terpisah, Kasat Lantas Polres Singkawang, Iptu Fauzan mengatakan, jika pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk pergelaran pawai lampion maupun Cap Go Meh 2016.

Selama pawai lampion berlangsung, katanya, Jalan Tani akan di sterilkan, supaya arus lalu lintas kendaraan yang keluar masuk dari arah Pontianak menuju ke Sambas maupun sebaliknya menjadi lancar.

Kemudian, lanjutnya, untuk rute pawai tatung, jalur yang akan digunakan dalam pergelaran itu adalah dimulai dari Jalan Kalimantan (start), menuju ke Jalan Setia Budi (Panggung Kehormatan), menuju ke Jalan Niaga, dan finis di perempatan tugu naga (Altar).

Selama Pawai Tatung berlangsung, katanya, Jalan Jenderal Sudirman hingga lampu merah Pasar Roban akan di tutup.

Sedangkan kendaraan yang datang dari arah Bengkayang menuju Pontianak, diarahkan ke Jalan KS Tubun Roban. Begitu juga dengan kendaraan yang datang dari arah Bengkayang menuju ke Sambas, akan diarahkan ke Jalan Veteran, MAN Model ataupun Brigif.

"Kalau untuk kendaraan roda enam, tidak diperbolehkan melewati Brigif," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk di perempatan lampu merah Sekip Lama dan Jalan Merdeka (sekitar Toko Manila,red) juga akan di tutup.

Jadi, kendaraan yang datang dari Jalan Yos Sudarso menuju ke pasar, akan diarahkan ke Jalan Mesjid Raya menuju ke Jembatan Agen 2.

Begitu juga dengan kendaraan yang datang dari Jalan Syafiudin, tidak diperkenankan untuk menuju ke Jalan Ponegoro.

"Akan kita arahkan ke Jalan Hermansyah. Bahkan kendaraan yang datang dari Hotel Mahkota pun harus belok kiri menuju ke Jalan Hermansyah," terangnya.

Karena, Jalan Ponegoro Pasar sampai Jalan Budi Utomo akan pihaknya sterilkan untuk tamu-tamu VIP.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016