Tangerang (ANTARA News) - MPR RI akan melanjutkan program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Metode Pendidikan Kebangsaan/Bela Negara yang melibatkan peserta dari lingkungan resimen mahasiswa di Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Anggota Biro Persidangan dan Sosialisasi Sekretariat Jenderal MPR RI, Muhammad Rizal, di Tangerang, Banten, Minggu.

Rizal juga menjadi penanggung jawab kegiatan serupa yang untuk pertama kalinya dilangsungkan di Tangerang, 19-22 Februari 2016, melibatkan 100 orang peserta dari menwa 19 perguruan tinggi se-Jakarta.

"Untuk tahun ini yang sudah direncanakan dua kali kegiatan semacam ini, rencananya nanti April di Yogyakarta," kata Rizal di sela-sela kegiatan.

Diakui Rizal untuk pelaksanaan kedua program tersebut masih menunggu perampungan perencanaan, meski juga tidak menutup kemungkinan pelaksanaan tambahan di kota-kota lainnya apabila mendapatkan persetujuan tambahan anggaran.

Kegiatan tersebut merupakan kombinasi antara penyampaian materi pemahaman tentang empat pilar yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, dengan praktik kegiatan luar ruangan yang merangsang peserta untuk mencari praktik-praktik implementasi dari materi yang sudah disampaikan.

Berkat pola kegiatan tersebut, menurut Rizal antusiasme peserta mengikuti kegiatan kian tinggi karena berbeda dengan pelatihan menwa yang melulu mengutamakan pelatihan fisik, kegiatan yang diusung MPR lebih variatif.

"Mereka senang, karena ini ada kombinasi antara materi dan disiplin," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti anggota menwa dari 19 perguruan tinggi di Jakarta termasuk Universitas Negeri Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Trisakti.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016