Bogor (ANTARA News) - Polres Bogor Kota, Jawa Barat akan memberlakukan penutupan total Jalan Surya Kencana yang menjadi lokasi perayaan Pesta Rakyat Cap Go Meh Street Festival 2016.

"Penutupan jalur diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB, sekaligus persiapan jalur karnaval," kata Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra, di Bogor, Senin.

Dijelaskannya, penutupan jalur diawali dari putaran Bogor Trade Mall (BTM). Kendaraan dari Jalan Djuanda menuju Pasar Bogor dialihkan ke Empang.

"Pengalihan jalur angkot di lampu lalu lintas Djuanda, angkot menuju Pasar Bogor dialihkan lewat Sempur," katanya.

Adapun untuk titik-titik penyekatan menutup jalur, lanjut dia, diberlakukan di simpang Jalan Pedati-Jalan Surya Kencana (menutup ke arah Jalan Surya Kencana), simpang Pasar-Jalan Surya Kencana (menutup ke arah Jalan Surya Kencana), simpang Jalan Lawang Seketeng-Jalan Surya Kencana (Menutup ke arah Jalan Surya Kencana), simpang Jalan Ranggading-Jalan Surya Kencana (menutup ke arah Jalan Surya Kencana), simpang Gang Aut-Jalan Surya Kencana (menutup ke arah Jalan Siliwangi), simpang Jalan Sukamulya-Jalan Siliwangi (menutup ke arah Jalan Siliwangi), simpang Warban-Jalan Batu Tulis (menutup ke arah simpang Ahoy/simpang MT Sidik), dan simpang Jalan Bangka - Jala Otista (menutup ke arah Pasar Bogor).

"Masyarakat yang hendak menuju lokasi Cap Go Meh diminta datang lebih awal, dan menghindari lokasi-lokasi sekitar festival agar tidak terjebak oleh kemacetan," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah ruas jalan juga digunakan sebagai lokasi persiapan peserta yakni rombongan kesenian di Jalan Djuanda sekitar Washington, rombongan Liong dan Barong di Jalan Otista, rombongan Joli di dalam Vihara Dhanagun, dan rombongan mobil hias, persiapan pertama di depan Kantor Pos, dan persiapan kedua di Washington.

Untuk jalur karnaval, lanjut dia, rombongan kesenian akan melintas di Vihara Dhanagun, Jalan Surya Kencana, Siliwangi, membubarkan diri di Sukasari dan Pajajaran.

Rombongan Joli, melintas di Vihara Dhanagun, menuju Vihara Dhamakarya, lalu menuju Vihara Budaseha (Ahoy) dan kembali ke Vihara Dhanagun melewati Jalan Siliwangi dan Surya Kencana.

"Untuk rombongan liong dan barongsai akan bergerak sebagian ke Sukasari, Jalan Padjajaran dan Jalan Otista," katanya.

Untuk mengurai kemacetan, Polres Bogor dan DLLAJ telah menyiapkan kantong-kantong parkir bagi para pengunjung, terutama tamu VIP. Lokasi parkir tersebut berada di Museum Zoelogi dan KRB (VIP dan VVIP), Jalan Juanda Kantor Pos, Terminal Damri, dan penjemputan rombongan kesenian sekitar Sangrilla, depan PDAM dan Jalan Sukasari I.

Andi menambahkan, pengamanan yang dikerahkan pada penyelenggaraan Cap Go Meh Bogor Street Festival 2016 melibatkan sebanyak 1.008 personel, terdiri atas 483 personel Polres Bogor, dibantu satu pleton dari Satuan II Pelopor Brimob, anggota TNI (Kodim 0606 dan Garuda 315), DLLAJ, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Polmas dan anggota Pramuka.

"Pola pengamanan diberlakukan secara terbuka dan tertutup," katanya.

Sementara itu, situasi dan kondisi di sekitar lokasi perayaan Cap Go Meh Bogor Street Festival jalan Surya Kencana terlihat padat. Sejumlah peserta dan pengisi acara mulai berdatangan, demikian pula dengan warga yang ingin menyaksikan pertunjukan.

Begitu pula situasi dan kondisi di Vihara Dhanagun dipadati sejumlah umat yang berdatangan untuk melakukan ritual sembahyang di hari pengucapan syukur dan penutupan tahun Imlek 2567.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016