Bandung (ANTARA News) - Lifter berprestasi internasional Sodikin dan mantan bek Timnas PSSI Robby Darwis akan menjadi legenda yang hadir pada "Hitung Mundur 222 Hari Menjelang PON XIX/2016" di Car Free Day Kota Bekasi, Jabar pada 28 Februari 2016.

"Gebyar 222 hari menjelang PON XIX/2016 digelar di Kota Bekasi yang akan menghadirkan atlet legendaris Sodikin dan bek Timnas PSSI Robby Darwis, keduanya atlet berprestasi internasional," kata Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar di Bandung, Senin.

Kegiatan yang akan digelar pada Minggu itu akan berlangung di pusat Kota Bekasi di jalan sepanjang tiga kilometer. Gebyar PON digelar di kawasan itu merupakan bagian dari sosialisasi PON XIX/2016 di daerah yang juga akan mejadi penyelenggara Sub PON XIX/2016.

Pada ajang yang akan dihadiri ribuan warga Bekasi tersebut juga akan ditampilkan aktraksi dan demo gerakan aktraktif atlet cabang olahraga tarung drajat dan pencak silat.

Sedangkan kehadiran atlet legendaris Sodikin dan Robby Darwis menjadi salah satu bagian dari tema PON XIX/2012 yakni "Berjaya di Tanah Legenda" di mana ajang itu akan menjadi tribute bagi para legenda olahraga di tanah air.

"Mulai hari ini kita mulai bergerak dalam satu tema besar Berjaya di Tanah Legenda, ajang menampilkan para legenda," kata Deddy Mizwar.

Menurut Deddy selama ini tribut dan penghargaan kepada atlet legenda jarang dilakukan, sehingga diharapkan semangat PON XIX/2016 ini menjadi bagian sejarah tribut bagi para legenda olahraga.

"Penyelenggaraan 222 hari jelang PON ini merupakan titik membumikan Berjaya di Tanah Legenda, spirit besar Jabar yang kita usung untuk PON XIX/2016," katanya.

Pada kesempatan itu, Deddy Mizwar yang juga legend di bidang perfilman mengimbau masyarakat dan seluruh stakeholder di Jabar untuk mendukung baik moril maupun materil bagi suksesnya PON XIX/2016 di Bumi Jawa Barat.

"Ini kesempatan menjadi saksi dan pelaku sejarah olahraga nasional, belum tentu saat Jabar tuan rumah PON lagi 50 tahun ke depan bisa kembali menyaksikannya," kata Wagub Jabar.

Sementara itu Tim Kreatif dari Bidang Promosi dan Dana Usaha, Farhan menyebutkan kehadiran para legenda olahraga merupakan bagian dari upaya meningkatkan penghargaan bagi atlet olahraga dan memberikan spirit bagi masyarakat untuk berperan membumikan PON XIX/2016.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016