Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Manor Racing Team-Mercedes Rio Haryanto harus mengakhiri sesi pagi uji coba pramusim hari ketiga Formula One lebih awal di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Rabu.

Pasalnya, mobil MTR-25 yang dipacu Rio keluar lintasan di tikungan kelima saat pebalap yang diharapkan mengharumkan nama Indonesia itu tengah menjalani putaran ke-25, sehingga bendera merah dikibaskan.

"Drama bendera merah di akhir sesi pagi menyusul keluarnya Rio Haryanto dari lintasan di tingkungan kelima. Mobil sudah berhasil diamankan," demikian tulis akun Twitter resmi Formula One.

Dari hampir 25 putaran yang dilahapnya semenjak berstatus sebagai pebalap resmi F1 itu, Rio membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 29,808 detik.

Catatan waktu tersebut, menempatkan Rio di urutan ke-10 dari 11 pebalap yang mengaspal pada sesi pagi hari ketiga.

Di urutan paling buncit adalah mantan jawara F1 2007 yang kini membela Scuderia Ferrari, Kimi Raikonnen.

Raikonnen menjadi pebalap terakhir yang bergabung di lintasan Sirkuit Catalunya lantaran masalah dengan sistem bahan bakar mobilnya, namun hanya melakukan empat putaran sebelum kembali ke garasi timnya dan belum dihitung catatan waktu terbaik putarannya.

Sedangkan pebalap Force India-Mercedes Nico Hulkenberg menjadi yang tercepat di sesi pagi tes pramusim hari ketiga tersebut dengan catatan waktu 1 menit 25,286 detik.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016