Shanghai (ANTARA News) - Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, Jumat, menyerukan koordinasi kebijakan ekonomi makro yang lebih dekat di antara anggota G20 terhadap permasalahan ekonomi global.

"Ketika merumuskan kebijakan ekonomi makro, anggota G20 perlu ingat bukan hanya pertumbuhan mereka sendiri. Mereka juga perlu melihat setelah efek imbasnya dari kebijakan mereka," kata Li dalam pesan video kepada Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 yang dibuka pada Jumat di Shanghai, lapor Xinhua.

"Kita perlu meningkatkan komunikasi dan koordinasi, dan bekerja sama untuk mengamankan stabilitas pasar keuangan internasional," kata Perdana Menteri.

Pelonggaran kuantitatif tidak akan menghilangkan hambatan struktural untuk pertumbuhan dan sebaliknya dapat menyebabkan eksternalitas negatif, kata dia.

"Fokus kita harus lebih tetap pada reformasi struktural. Apa yang diinginkan adalah inovasi, deregulasi, persaingan lebih, dan keterbukaan yang lebih besar," kata Li.

Perdana Menteri juga mengatakan tata kelola ekonomi dan keuangan global harus ditingkatkan.

"Kami berharap anggota G20 akan terus meningkatkan reformasi di lembaga-lembaga keuangan internasional, meningkatkan sistem moneter global, dan memperdalam kerja sama perpajakan lintas batas" kata Li.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016