Bogor (ANTARA News) - Debit air Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, meluap, Minggu pagi, untuk merendam sekitar 30 rumah, sebuah restoran dan sebuah sekolah alam.

"Air meluap mulai pukul 05.30 WIB, merendam tiga titik lokasi, di tiga RW berbeda," kata Lurah Situ Gede, Junaidi.

Junaidi mengatakan, meluapnya Situ Gede karena hujan turun intensif sejak pukul 04.55 WIB. Hujan turun merata di wilayah Kota Bogor, selama hampir tujuh jam lebih.

"Ini baru pertama kalinya Situ Gede meluap, dikarenakan intensitas hujan yang tinggi. Hujan turun dari jam empat pagi, sampai jam 12 baru berhenti," katanya.

Menurut Junaidi, meluapnya Situ Gede karena tidak mampu menampung debit air hujan dan air yang berasal dari situ lainnya di Kelurahan Situ Gede, serta aliran kali-kali kecil.

Luapan Situ Gede menyebabkan Jalan Tambakan yang menghubungkan Cifor dan kampus IPB terendam air ketinggian 80 cm. Hal ini menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat.

Genangan air di Jalan Tambakan merendam sejumlah warung, salah satunya milik Sukro Prianto. Air masuk ke dalam warungnya, karena selokan yang ada di depan tersumbat oleh sampah.

"Baru kali ini Situ Gede meluap, dari pagi tadi air naik," kata Sukro.



Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016