Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan akan segera memastikan kuota haji tambahan 10 ribu ke otoritas Arab Saudi pada 9 Maret 2016.

"Jadi 9 Maret nanti saya akan ke Saudi bertemu Menteri Haji Arab Saudi guna menandatangani nota kesepahaman soal jumlah kuota haji tahun ini," kata Lukman saat jumpa pers di Jakarta, Senin.

Lukman mengaku akan melobi secara intensif soal tambahan kuota 10 ribu anggota jemaah Indonesia sehingga jumlah haji Indonesia bertambah pada musim haji 2016.

"Saya akan perjuangkan 10 ribu itu karena telah dijanjikan oleh Raja Salman," kata Lukman, namun dia belum dapat memastikan soal kembali normalnya kuota haji Indonesia.

Kembalinya kuota normal, kata dia, hanya terjadi jika renovasi Masjidil Haram selesai. Kenyataannya, pemugaran itu belum ada tanda-tanda rampung dalam waktu dekat.

"Kami perkirakan potongan 20 persen masih akan diberlakukan. Karena itu tidak akan berbeda dengan tahun lalu yaitu 168.800 porsi jemaah haji yang terdiri dari 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 untuk haji khusus," katanya.



Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016