Jakarta (ANTARA News) - George Kennedy, seorang aktor asal Amerika Serikat pemenang Academy Award dan yang terkenal dalam film Naked Gun meninggal dunia pada usia 91 tahun, demikian Reuters melansir dari berbagai sumber, Senin waktu setempat (29/2).

The Hollywood Reporter dan Variety mengutip dari sebuah unggahan Facebook yang dibuat cucu laki-laki Kennedy yang menyatakan aktor itu meninggal awal Minggu, di Boise, Idaho meski demikian Reuters belum berhasil memferivikasi kabar tersebut.

Lahir di New York dari keluarga bisnis hiburan pada 1925 itu pernah mendaftar di Angkatan Darat Amerika Serikat saat Perang Dunia II, dan menghabiskan 16 tahun di militer sebelum akhirnya cidera dan membuat dia beralih profesi menjadi aktor.

Sang aktor karakter serba-bisa, berbadan tegap dengan tinggi enam kaki empat inci atau sekitar 194 sentimeter itu tampil di film-film dan acara televisi yang tak terhitung jumlahnya, awalnya dia berperan sebagai seorang penjahat. 

Peran pelariannya sebagai Dragline, seorang tahanan di film Cool Hand Luke ber-setting di selatan Amerika Serikat pada1948.

Kennedy menang Oscar sebagai Aktor Pendukung Pria Terbaik untuk perannya di film tahun 1967 Cool Hand Luke. Selain itu, Kennedy juga tampil di sejumlah film-film bencana tahun 1970-an termasuk empat film Airport dan Earthquake pada1974. Kennedy juga dikenal main di serial TV Dallas.

Setelah berakting di peran-peran serius hampir sepanjang karirnya, Kennedy menceburkan dirinya ke komedi sebagai Kapten Ed Hocken, rekan dari si gila  Leslie Nielsen di film Naked Gun.

Sejumlah tokoh pun menyampaikan rasa kehilangannya atas Kennedy di Twitter.




Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016