Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro melantik Ken Dwijugiasteadi sebagai Direktur Jenderal Pajak setelah sebelumnya menjabat pelaksana tugas untuk posisi ini sejak Desember 2015.

"Saya harapkan pelantikan ini adalah penegasan, mulai hari ini, Direktorat Jenderal Pajak mempunyai pimpinan definitif," kata Menkeu saat memberikan sambutan pelantukan Dirjen Pajak di Jakarta, Selasa.

Menkeu mengatakan Ken terpilih sebagai Dirjen karena berpengalaman dalam institusi pajak sehingga mampu bekerja lebih cepat dan berkoordinasi dengan jajaran pimpinan terkait, untuk mengamankan penerimaan pajak.

Ia pun berpesan agar Ken untuk tegas agar penerimaan pajak pada 2016 bisa tercapai dan bermanfaat bagi pembangunan nasional serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

"Direktorat Jenderal Pajak sudah mencatat pencapaian Rp1.000 triliun, tapi tax ratio masih dibawah standar Asean maupun OECD. Nantinya tax ratio harus ditingkatkan dan diterjemahkan ke rupiahnya," tegasnya.

Menkeu mengharapkan ada upaya ekstensifikasi ekstra kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terutama pasal 25 dan 29 yang selama ini masih kecil kontribusinya ke penerimaan pajak dan hanya menyumbang Rp9 triliun.

Lahir di Malang pada 8 November 1957, Ken menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Brawijaya dan lulus pada 1983. Ken melanjutkan pendidikan Master of Science in Tax Auditing di Opleidings Institute Financien, Den Haag, Belanda dan lulus pada 1991.

Dia memulai karir di Direktorat Jenderal Pajak pada 1984, dan menjadi Kepala Kantor Dinas Tingkat Luar II, Kantor Inspeksi Pajak Jakarta Barat pada 1988.

Pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian pada 1989, Ken kemudian terpilih sebagai Kepala Seksi Wajib Perseorangan pada 1992. Pada 1997, Ken dipromosikan menjadi Kepala Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak Pekanbaru serta pada 2000 menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bojonegoro.

Pada 2002, Ken menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Badan dan Orang Asing Satu, pada 2003 dipromosikan menjadi Direktur Informasi Perpajakan dan pada 2006 menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur.

Sempat menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I pada 2013, Ken kemudian dipercaya menjadi Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak pada Juli 2015.



Pewarta: Satyagraha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016