Jambore Nasional akan kami dukung penuh dari segala aspek, salah satunya adalah segi transportasi laut. Kami akan siapkan kapal-kapal untuk mengangkut peserta yang berasal dari luar pulau Jawa,"
Oleh Jakarta (ANTARA News) - TNI-AL siap menyukseskan Jambore Nasional X 2016 di Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2016 dengan memberikan bantuan transportasi.

"Jambore Nasional akan kami dukung penuh dari segala aspek, salah satunya adalah segi transportasi laut. Kami akan siapkan kapal-kapal untuk mengangkut peserta yang berasal dari luar pulau Jawa," tutur Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, jambore nasional merupakan hal penting sebagai tempat memulai revolusi mental sehingga pihaknya akan mendukung penuh kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan generasi muda itu.

Terkait penyelenggaraan, Ade berharap jambore nasional ke depan digelar berbeda.

"Saya pernah bermimpi kalau Jambore Nasional itu digelar di pinggir laut atau di satu pulau, jadi ribuan Pramuka bisa terwadahi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengatakan, jambore nasional yang digelar setiap lima tahun sekali merupakan acara besar di Indonesia.

"Acara ini melibatkan 25.000 Pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Kami terus berproses untuk mempersiapkan rencana-rencana kegiatan sejak tahun kemarin agar Jambore Nasional X sukses," ujar Adhyaksa.

Berkaitan dengan Jambore Nasional X ini, ia mengatakan Kwarnas perlu persiapan yang matang dari segi pelaksanaan kegiatan meliputi transportasi, sarana-prasarana serta kesiapan lokasi Bumi Perkemahan Cibubur.

Ia juga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak yang siap membantu menyukseskan jambore nasional.

Jamnas X 2016 juga diikuti peserta Pramuka Penggalang dan pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016