Jakarta (ANTARA News) - Atlet tunggal putri Indonesia Maria Febe Kusumastuti langsung tersingkir pada laga perdana turnamen Jerman Terbuka 2015 setelah kalah dari wakil Thailand.

"Dia sudah tahu tipe permainan saya yang memaksa musuh berlari-lari di lapangan. Jika lawan justru mencetak angka dari tiga atau empat pukulan, saya malah gampang bingung," kata Febe selepas pertandingan di Mulheim, Jerman, seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Atlet asal klub PB Djrum itu kalah dari tunggal putri Thailand Busanan Ongbumrungphan dalam tiga game 14-21, 23-21, dan 15-21 selama 65 menit turnamen tingkat grand prix gold itu.

Meski kalah pada game pertama, Febe membuat kejutan dengan mengejar poin Busanan saat tertinggal 2-6. Atlet berusia 26 tahun itu mampu mengejar hingga 18-20, 21-20, hingga menang 23-21.

"Banyak bola reli pada game kedua. Pada game ketiga, saya justru melemah ketika Busanan unggul tujuh poin. Padahal kepercayaan dirinya sudah agak turun pada awal game ketiga," ujar pemain yang menempati peringkat 21 dunia itu.

Pertemuan itu merupakan pertemuan kedua Febe dengan Busanan. Keduanya pernah bertanding pada turnamen Djarum Superliga 2015 di Bali. Febe pun mengakui punya banyak kelemahan permainan yang justru dimiliki oleh Busanan.

Sebelumnya, tunggal putri pelatnas PBSI Linda Wenifanetri berhasil lolos ke putaran kedua turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS itu setelah mengalahkan tunggal putri Taiwan Hsu Ya Ching 21-15, 22-24, 21-16.

Pada putaran kedua, Linda akan menghadapi wakil Tiongkok Wang Shixian yang telah menaklukkan atlet tuan rumah Olga Konon 21-16, 21-6 dalam waktu 34 menit.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016