AsiaNet 63609

TOKYO, 2 Maret 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Waseda University, Tokyo, menyelenggarakan mata kuliah online berbahasa Inggris sebanyak enam bagian bertajuk "Bencana Tsunami dan Angin Topan: Perkenalan terhadap Bencana yang Melanda Wilayah Pantai," untuk umum, tanpa dikenakan biaya apapun, selama bulan Maret 2016. Kegiatan ini ditujukan untuk mempublikasikan hasil riset mutakhir universitas ini kepada dunia untuk para peserta didik dari segala usia, mulai dari tingkat SMA dan mahasiswa hingga peneliti profesional.

(Photo1: http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102172/201603018433/_prw_OI1fl_qZtYX6vd.JPG)

(Photo2: http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102172/201603018433/_prw_OI2fl_5XBI55j5.png)

Pasca peristiwa Gempa Dahsyat Jepang Timur pada tanggal 11 Maret 2011, Waseda University telah berfokus terhadap pemulihan kawasan-kawasan terdampak gempa dan pengembangan penelitian bencana di seantero negeri sebagai upaya strategis utama.

Sementara itu, proyek penelitian yang dipimpin oleh Prof. Tomoya Shibayama dari Fakultas Sains dan Teknis Waseda University, telah diadopsi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang sebagai salah satu program resmi nasional. Sejak saat itu, Waseda mendirikan pusat penelitian di kampus dengan menggandeng sejumlah peneliti dan mahasiswa dari seluruh dunia seperti dari Indonesia, Kanada, Inggris, Iran, Thailand, Tanzania, Bhutan, Chile, Vietnam, Sri Lanka, dan Bangladesh, yang kini sedang mempelajari berbagai bencana alam kompleks yang disebabkan oleh tsunami, gelombang tinggi, gempa bumi, dan erupsi gunung berapi.  

Dalam kuliah yang akan digelar sebanyak enam bagian ini, Prof. Shibayama akan memaparkan berbagai temuan secara mendetail dari kegiatan penelitiannya selama bertahun-tahun, diantaranya gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia pada 2004, gempa bumi dan tsunami Jepang pada 2011, dan topan Haiyan yang melanda Filipina pada 2013. Selain analisis ilmiah, Prof. Shibayama pun membahas respon terhadap bencana secara teknis serta berbagai studi bencana alam terakhir yang melanda kawasan pantai.

Tentang Waseda University
Waseda University adalah perguruan tinggi terkemuka yang terletak di Tokyo tengah, yang memiliki 50.000 mahasiswa berkuliah di 13 program sarjana dan 21 pascasarjana. Didirikan pada tahun 1882 dengan misi untuk mengembangkan pemimpin, universitas ini telah melahirkan tujuh perdana menteri dan banyak pemimpin di jajaran pemerintahan, bisnis, jurnalistik, sains, sastra, dan seni. Waseda adalah kampus global paling majemuk di Jepang, dengan total lebih dari 5000 mahasiswa asing dari 100 negara, dan lebih dari 700 kerjasama dengan berbagai institusi terkemuka di 77 negara.

Dengan 50 program perkuliahan yang seluruhnya berbahasa Inggris, para mahasiswa dapat mempelajari bahasa Jepang secara bersamaan dengan jurusan perkuliahan mereka, sekaligus sambil menikmati kehidupan di Tokyo, salah satu kota megapolitan terbesar di dunia, yang terpilih menjadi kota teraman, terbersih, dan paling ramah di dunia, yang memiliki sistem transportasi publik paling lengkap di dunia dan menjadi satu dari tiga kota terbaik untuk mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program kuliah ini, silakan kunjungi:
https://www.edx.org/school/wasedax

Untuk informasi lebih lanjut tentang Waseda (Bahasa Indonesia), silakan kunjungi:
http://www.waseda.jp/inst/whywaseda/id/


Sumber: Waseda University

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016