Jakarta (ANTARA News) - Sebagai rangkaian peringatan 70 tahun TNI AU pada 9 April nanti, matra udara TNI itu menggelar Bulan Dirgantara 2016, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 15-17 April. 




Pada peluncuran dan pengenalan kepada publik Bulan Dirgantara 2016 itu, di Klub Eksekutif Persada, di lingkungan Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Kamis, dipaparkan berbagai mata acara yang akan digelar. 




Kegiatan yang dilakukan adalah Dirgantara Edutech Expo 2016, berbagai lomba olahraga kedirgantaraan, seminar kedirgantaraan, atraksi manuver militer dari TNI AU, peragaan dinamis arsenal TNI AU dan sipil, pesta balon udara, kompetisi foto, dan hingga berbagai hiburan berlatar kedirgantaraan. 




“Ini juga untuk semakin mendekatkan TNI AU dan seluruh pemangku kepentingan di bidang kedirgantaraan kepada publik. Banyak lokasi akan dipergunakan dan upaya untuk mewujudkan ini sangat besar karena itu kami berharap gelaran Bulan Dirgantara 2016 ini berhasil dan sukses,” kata Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Agus Supriatna, dalam sambutannya. 




Selama tiga hari, kata dia, publik dari berbagai kalangan dapat menyaksikan dan merasakan atmosfer kedirgantaraan nasional dalam berbagai bentuknya. Bukan cuma publik dalam negeri karena publik dari mancanegara juga diundang hadir. 




TNI AU lahir di Pangkalan Udara Maguwo (saat itu), Yogyakarta, pada 9 April 1946. Di lingkungan ASEAN, hanya Angkatan Udara Kerajaan Thailand yang usianya melebihi TNI AU. Bahkan Angkatan Udara Amerika Serikat masih setahun lebih muda ketimbang TNI AU.


Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016