Madiun (ANTARA News) - PT Indstri Kereta Api (PT INKA) di Madiun, Jawa Timur, mengirim satu rangkaian kereta api eksekutif (K1) pesanan PT KAI yang akan digunakan untuk musim lebaran tahun ini.

"INKA mendapat pesanan KAI pada tahun 2015 berupa empat train set untuk K1. Nilai kontrak dari totalnya mencapai Rp215 miliar atau masing-masing kereta sekitar Rp4,5 miliar," kata Direktur Produksi PT INKA Hendy Hendratno Adji di Madiun, Jumat.

Menurut dia, K1 ubu adalah kereta "citra baru" yang belum pernah ada di lintasan saat ini. Spesifikasi hampir sama dengan kereta eksekutif sebelumnya, namun ada beberapa perbedaan, antara lain interior, bogie atau tempat roda kereta, dan pendingin udara yang semuanya dibuat oleh PT INKA.

Kereta ini juga memiliki konsep untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan memudahkan perawatan, seperti desain bingkai jendela yang mudah dibersihkan dan diganti jika pecah atau alasan lain.

"Selain itu, terdapat juga layanan internet gratis dan dilengkapi empat LCD televisi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan layanan kemanan juga akan dipasang kamera pengintai atau CCTV di setiap kereta," kata dia.

Hendy menambahkan, selain menyelesaikan empat rangkaian kereta eksekutif, tahun ini juga PT INKA juga sedang menuntaskan lima rangkaian kereta ekonomi (K3) pesanan PT KAI.

"Pembuatan kereta ekonomi tersebut rencananya juga untuk mendukung angkutan Lebaran tahun 2016," kata Hendy.

Dia optimistis, kereta eksekutif dan ekonomi yang tersisa ini akan selesai dan dikirim ke PT KAI sebelum masa angkutan Lebaran tahun ini mulai.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Louis Rika
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016