Antusias wisatawan asing tersebut terlihat banyaknya mereka yang sudah memasan paket perjalanan melalui biro perjalanan wisata dengan tujuan Kabupaten Bangka Tengah,"
Koba (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menyatakan wisatawan manacanegara sangat antusias menyaksikan penomena alam gerhana matahari total (GMT) pada Rabu (9/3) pagi.

"Antusias wisatawan asing tersebut terlihat banyaknya mereka yang sudah memasan paket perjalanan melalui biro perjalanan wisata dengan tujuan Kabupaten Bangka Tengah," kata Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, wisatawan asing tersebut berasal dari berbagai negara di Asia dan Eropa dan jumlahnya cukup banyak untuk kepentingan berwisata GMT, penelitian dan observasi.

"Belum lagi wisatawan lokal yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia, terutama wisatawan dari Provinsi Bali," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah menetapkan titik pantau GMT di sepanjang pantai Desa Terentang III dengan kapasitas mencapai 10.000 pengunjung.

"Kami memilih titik pantau di pantai tersebut karena cukup strategis melakukan pengamatan gerhana matahari total, mudah dijangkau kerena berada di jalan lintas kabupaten dan kondisi pantai memang cukup eksotis," ujarnya.

Ia menyatakan, persiapan menyongsong GMT sudah sangat matang mulai dari fasilitas pendukung dan berbagai acara yang akan digelar menjelang momentum GMT.

"Berbagai acara menyongsong GMT mulai kami gelar sejak Minggu (6/3) hingga Rabu (9/3) di Desa Terentang, Kecamatan Koba," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016