London (ANTARA News) - Liverpool sukses membalikkan keadaan untuk menumbangkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-29 Liga Utama Inggris di Stadion Selhurst Park, London, Minggu.

Hasil tersebut diraih oleh Liverpool yang sejak menit 62 harus bermain dengan 10 pemain, setelah James Milner diusir dari lapangan, dan dalam keadaan tertinggal 0-1 dari tuan rumah, akibat gol Joe Ledley menit 48.

Dua gol yang berawal dari keteledoran barisan pertahanan Palace, sukses mempersembahkan kemenangan untuk tim besutan Juergen Klopp tersebut. Roberto Firmino mencetak gol dari blunder penjaga gawang Alex McCarthy pada menit 72 dan Christian Benteke membalikkan keadaan lewat eksekusi dari titik putih di pengujung laga.

Berkat hasil itu, Liverpool kini naik ke peringkat tujuh klasemen sementara dengan raihan 44 poin dari 28 pertandingan yang sudah mereka lakoni, sementara Palace (33) justru tertahan di urutan ke-15.

Palace mengambil inisiatif serangan sejak awal laga dan segera memaksa penjaga gawang Simon Mignolet berjibaku memasang badannya demi mengalahkan Yannick Bolasie dalam duel perebutan bola pada menit enam.

Menit 11 giliran Emmanuel Adebayor yang mengancam gawang Mignolet dengan tandukan menyambut umpan Bolasie, namun bola masih membentur mistar gawang.

Palace berkali-kali menebar ancaman di hadapan gawang Liverpool, namun tak satupun berbuah gol hingga turun minum, tiga menit memasuki babak kedua, tuan rumah akhirnya memperoleh keunggulan lewat gol Ledley.

Berawal dari sebuah situasi sepak pojok, sejumlah upaya tendangan secara beruntun dilepaskan oleh para punggawa Palace sebelum akhirnya Ledley menyambar bola sapuan tak sempurna barisan pertahanan Liverpool dan meninggalkan Mignolet mati langkah.

Ketinggalan satu gol, Liverpool berusaha bangkit dengan memasukkan Philippe Coutinho menggantikan Jon Flanagan, sehingga James Milner dipindahkan posisinya sebagai bek kanan.

Namun belum sempat menempati posisi bek kanan, Milner melakukan pelanggaran dalam upaya merebut kembali bola yang ia hilangkan dari kaki Wilfried Zaha, sehingga wasit Andre Marriner mengganjar mantan punggawa Manchester City itu dengan kartu kuning kedua dan mengusirnya dari lapangan.

Menariknya, bermain dengan 10 pemain di lapangan penampilan Liverpool justru lebih bersemangat, hingga akhirnya mereka berhasil memanfaatkan keteledoran barisan pertahanan Palace untuk menyamakan kedudukan pada menit 72.

McCarthy berusaha menyapu bola upaya serangan Liverpool, namun justru mengarahkan bola kepada Firmino yang memiliki ruang tembak terbuka lebar dan dengan tenang menyeploskan bola ke gawang.

Menit 80 Benteke masuk menggantikan Divock Origi, yang meski tampil cukup baik di depan namun tak cukup tajam dalam laga tersebut, dan hampir saja segera memberikan kontribusi instan dalam situasi sepak pojok, sayang tendangan sentuhan pertamanya masih tepat di pelukan McCarthy.

Tak ingin kehilangan poin, Klopp menarik keluar Firmino dan menurunkan bek tengah Kolo Toure, namun tak dinyana mereka justru sukses membalikkan keadaan setelah di menit keempat waktu tambahan Christian Benteke yang menggiring bola umpan Jordan Henderson terlihat dijatuhkan oleh Damien Delaney.

Marriner tak segera mengambil keputusan dan setelah berdiskusi dengan asistenya akhirnya memberi tendangan penalti untuk Liverpool.

Benteke yang jadi algojo dengan tenang mengarahkan bola ke sudut berlawanan dari gerakan McCarthy, Liverpool sukses membalikkan keadaan dan memenangi laga 2-1.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Crystal Palace (4-2-3-1): Alex McCarthy (PG); Joel Ward, Scott Dann, Damien Delaney, Pape Souare; Mile Jedinak, Joe Ledley (Bakary Sako); Wilfried Zaha, Yohan Cabaye (Jordon Mutch), Yannick Bolasie; Emmanuel Adebayor (Dwight Gayle)
Pelatih: Alan Pardew

Liverpool (4-4-1-1): Simon Mignolet (PG); Jon Flanagan (Philippe Coutinho), Dejan Lovren, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; James Milner, Jordan Henderson, Emre Can, Adam Lallana; Roberto Firmino (Kolo Toure); Divock Origi (Christian Benteke)
Pelatih: Juergen Klopp

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016