Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) antara lain membahas kuota haji saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir, Senin.

"Presiden menekankan lagi mengenai kesepakatan untuk meningkatkan kuota haji," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir usai mendampingi Presiden menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Arab Saudi di Balai Sidang Jakarta.

Fachir menjelaskan, untuk menindaklanjuti kesepakatan tersebut Indonesia akan menugaskan Menteri Agama menemui otoritas di Arab Saudi dua atau tiga hari kedepan.

Pertemuan tersebut juga membahas rencana investasi dan pengembangan investasi di kedua negara, termasuk dalam bidang pariwisata.

Terkait pariwisata, Fachir menjelaskan, Indonesia dan Arab Saudi telah membuat kesepakatan setelah Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengunjungi Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Sumatera Barat.

Pejabat lain yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral itu antara lain Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Sudirman Said.

Presiden telah melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara seperti Oman, Iran, Arab Saudi, dan Qatar disela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016