Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengajak para orang tua yang memiliki balita agar segera membawanya ke Pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016.

"Ayo, ajak anak-anak kita menuju Pos Pin Polio karena dengan memberikan anak-anak kita imunisasi lengkap, menghindarkannya dari campak," ujarnya saat pencanangan PIN 2016 di Puskesmas Batua Raya Makassar, Selasa.

Pencanangan dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal ; Sekda Kota Makassar, Ibrahim Saleh ; Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail dan Wakil Ketua TP PKK kota Makassar Meliani Fercini.

Danny -- sapaan akrab wali kota -- mengatakan, jika PIN Polio 2016 akan berlangsung selama sepekan dari 8 hingga 15 Maret. Para orang tua diharapkan membawa anaknya yang berusia 0 - 59 bulan ke Pos PIN 2016 yang terdekat dari kediamannya.

"Setiap anak berhak mendapatkan imunisasi dan kewajiban orang tua untuk memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anaknya," ungkap Danny dalam sambutannya.

PIN Polio telah dilaksanakan beberapa kali di seluruh Indonesia sejak 1995, dan pada Maret 2014, Indonesia berhasil meraih sertifikat bebas Polio dari badan kesehatan dunia (WHO).

PIN Polio 2016 bertujuan mendukung tercapainya eradikasi Polio di dunia pada akhir tahun 2020, dan memberikan perlindungan atau kekebalan kepada anak usia 0 - 59 bulan agar kebal dari virus Polio.

"Imunisasi polio juga berfungsi untuk memutus rantai penularan penyakit polio sehingga anak-anak kita benar-benar bebas dari polio dan campak," lanjut dia.

Olehnya itu, Danny mengajak seluruh orang tua di Makassar agar ramai-ramai mendatangi Pos PIN Polio 2016 yang tersebar di kota Makassar.

Dinas Kesehatan kota Makassar membuka 1.000 pos PIN 2016 yang tersebar di 14 kecamatan, dan 143 kelurahan di kota Makassar. Tahun ini, Makassar menargetkan 105.986 orang balita mendapatkan imunisasi Polio.

Pencanangan PIN Polio 2016 ditandai dengan pelepasan balon, dan penyematan Pin Polio oleh Wali kota Danny Pomanto, dan pemberian vaksin polio kepada bayi bawah lima tahun (balita) oleh Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Pewarta: M Hasanuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016