Jakarta (ANTARA News) - Gerhana matahari total 2016 menempati posisi pertama di trending topic Twitter Indonesia lewat tagar #GMT2016.

Dalam daftar sepuluh topik yang paling banyak dicuit oleh pengguna Twitter Indonesia, ada juga tagar #totalsolareclipse.

Daerah-daerah di Indonesia yang menjadi pusat jalur totalitas gerhana matahari seperti Palembang, Ternate dan Belitung Timur  juga menjadi trending topic di Twitter.

Sementara itu, #GMT2016 menempati posisi kedua dalam daftar trending topic Twitter sedunia.

Di pantai Tanjung Kelayang, Belitung, gerhana matahari total mencapai puncak pada pukul 07.20 WIB dan suasana pantai gelap seperti senja menjelang malam.

Di daerah lain seperti Jakarta dan Bandung, warga juga antusias melihat fenomena alam yang terakhir terjadi tahun 1983. Mereka berbondong-bondong ke kawasan alun-alun Bandung, Observatorium Boscha, juga Planetarium Jakarta.

Proses gerhana matahari di Jakarta mulai terjadi sekitar pukul 06.19.20 WIB. Puncak gerhana sebagian terjadi sekitar pukul 07.21.32 WIB dan gerhana berakhir sekitar pukul 08.31.42 WIB.

Wilayah Jakarta dan sekitarnya hanya akan mengalami fenomena gerhana matahari parsial, atau sekitar 80 persen dari total gerhana.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016