Ini kan satu proses yang membuat kita memasuki era baru, dimana itu juga akan menyentil parpol-parpol itu agar lebih profesional lagi
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa majunya Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2017 lewat jalur independen merupakan hal wajar dan bukan sebagai langkah deparpolisasi.

"Kalau disebut deparpolisasi, saya rasa tidaklah. Kita ikuti saja prosesnya," katanya di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, majunya Ahok melalui jalur independen menunjukkan era baru dalam perpolitikan sekaligus menyinggung para partai politik.

"Kalau saya, biar saja kita lihat. Ini kan satu proses yang membuat kita memasuki era baru, dimana itu juga akan menyentil parpol-parpol itu agar lebih profesional lagi," ujarnya.

Purnawirawan jenderal TNI tersebut menilai Ahok sebagai pribadi yang memiliki kecerdasan dan kearifan dalam memimpin, kendati pun Gubernur DKI tersebut terkadang berbicara "keras" dalam berbagai persoalan.

Belakangan muncul tudingan deparpolisasi kepada Ahok karena memilih untuk maju di Pilkada 2017 melalui jalur independen.

Ahok memilih maju sebagai calon gubernur tanpa menggunakan kendaraan politik melainkan dukungan dari masyarakat yang tergabung dalam Teman Ahok.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016