Sukabumi (ANTARA News) - Tebing setinggi sekitar 10 meter di Kampung Cibodas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat longsor, yang mengakibatkan Jalan Raya Nyalindung tertutup longsor sepanjang satu kilometer.

"Longsor di Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sejak siang hingga sore hari," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi, Budi Harto kepada Antara di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, akibat longsor tersebut arus kendaraan dari kedua arah baik dari Sukabumi menujuk wilayah Pajampangan maupun sebaliknya macet total, karena kendaraan tidak bisa melalui jalan raya tersebut yang disebabkan batu dan tanah menutupi jalan itu dan hanya kendaraan roda dua yang bisa melaluinya itu pun jika si pengendaranya nekat menerobos.

Selain longsor, dua rumah yang berada di bahwa Jalan Raya Nyalindung juga terancam longsor, namun pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Tapi, antisipasi longsor susulan para Korps Relawan PMI yang dibantu warga sekitar mengevakuasi dua keluarga yang menghuni rumah tersebut serta membersihkan puing longsoran yang menutupi jalan dengan alat seadanya.

"Anggota kami sudah berada di lokasi untuk mendata kerusakan dan membantu mengatur arus lalu lintas. Selain itu, kami juga mengimbau kepada warga yang rumahnya berada di daerah tebing untuk waspada dan lebih baik mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman," tambahnya.

Di sisi lain, Budi mengatakan pascahujan deras yang baru reda sekitar pukul 17.00 WIB ini ada beberapa laporan terkait bencana di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi, namun pihaknya masih melakukan pendataan dan menugaskan anggota untuk memantau informasi bencana yang masuk ke PMI.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016