Apapun alasannya tidak boleh memungut biaya untuk PIN polio, sebab itu adalah program nasional dan gratis, jadi siapapun dia selama masih merupakan warga negara Indonesia, maka wajib diberikan imunisasi tanpa pungutan serupiah pun apalagi vaksinya ju
Manado (ANTARA News) - Pj Wali kota Manado, Royke Roring, menegaskan, tidak ada pungutan atau bayaran dalam bentuk apapun dalam pekan imunisasi nasional (PIN) polio 8-15 Februari 2015.

"Siapapun yang datang ke pos PIN baik di lokasi seperti Posyandu hingga Puskesmas sekalipun semuanya gratis, tidak ada pungutan dalam bentuk apapun," kata Roring, di Manado, Jumat.

Roring mengatakan hal tersebut, sebab mendengar ada dugaan pungutan biaya yang dilakukan oleh oknum petugas di salah satu Puskemas di Manado, kepada seorang ibu yang datang membawa anaknya untuk diberikan imunisasi polio, dengan alasan yang bersangkutan tidak membawa KTP Manado.

Dia mengatakan, meskipun yang datang ke pos PIN itu adalah warga luar Manado, harus dilayani dengan baik, tidak boleh dimintai bayaran apapun alasannya, karena imunisasi polio bagi Balita berlaku bagi semua warga Indonesia.

Jadi menurutnya, tidak ada alasan bagi petugas Puskesmas atau posyandu menarik bayaran walaupun dengan alasan membayar karcis, sebab layanan kesehatan adalah hak dasar yang diberikan kepada seluruh warga negara.

"Apapun alasannya tidak boleh memungut biaya untuk PIN polio, sebab itu adalah program nasional dan gratis, jadi siapapun dia selama masih merupakan warga negara Indonesia, maka wajib diberikan imunisasi tanpa pungutan serupiah pun apalagi vaksinya juga disiapkan pemerintah," katanya.

Roring pun menegaskan menginstruksikan kepala dinas kesehatan menelusuri kebenaran hal tersebut, tidak memang benar, maka yang bersangkutan akan ditindak apapun alasannya.

Dia pun mengatakan, pemerintah tetap memperhatikan dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat sebab merupakan kewajiban untuk membantu dan menolong masyarakat Manado.

Di kota Manado, Balita yang menjadi sasaran PIN polio sebanyak 34.441 orang dilayani di seluruh pos PIN dengan target capaian 95 persen terimunisasi untuk mendorong pencapaian target Indonesia bebas polio.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016