Bandung (ANTARA News) - Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, menilai kemenangan Praveen Jordan/Debby Susanto pada All England 2016 meringankan beban pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang selama ini menjadi andalan ganda campuran Indonesia.

"Ini membawa dampak positif, secara psikis bagus untuk Owi/Butet (panggilan akrab Tontowi/Liliyana). Jadi sekarang terbagi dua, tidak harus mereka terus yang dibebankan jadi juara," kata Christian, di acara Audisi Umum Djarum Bulu Tangkis di Bandung, Senin.

Christian mengatakan, selama ini pasangan Tontowi/Liliyana selalu menjadi tumpuan di sektor ganda campuran.

Dengan prestasi Praveen dan Debby, beban Tontowi/Liliyana bisa lebih ringan menjelang Olimpiade 2016. Apalagi, lanjutnya, penampilan Tontowi/Liliyana dalam beberapa waktu terakhir ini sedang menurun.

"Sekarang mereka didampingi Praveen dan Debby. Menjelang Olimpiade, Owi/Butet bisa berkobar lagi semangatnya," ujar mantan juara All England itu.

Praveen/Debby menjuarai turnamen All England 2016 setelah memenangkan pertandingan melawan pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen dengan skor 21-12, 21-17.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016