Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman dan sejumlah anggota DPD lainnya, Selasa dini hari, menyambangi RS Polri guna melayat Sulistyo, korban kebakaran RSAL Mintohardjo yang juga anggota DPD.

Anggota DPD lain yang melayat antara lain adalah Parlindungan Purba, Dailami Firdaus, Dariati Uteng dan Fahira Idris.

Sulistyo adalah Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dia tewas akibat kebakaran karena korsleting listrik di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, Jakarta, Senin.

Kebakaran terjadi di ruang tabung Pulau Miangas, Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo. Kebakaran menciptakan asap putih lebat dan pasien yang dalam tabung terbakar serta tidak dapat diselamatkan.

Kronologinya adalah mulai pukul 11.30 WIB dengan tekanan 2,4 atmosfir. Kemudian sekitar pukul 13.00 WIB, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju satu atmosfir, pada pukul 13.10 WIB terlihat percikan api di dalam chamber.

Operator dengan cepat membuka sistem kebakaran tapi api dalam chamber dengan cepat membesar, sedagkan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga katup keamanan terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan.

Pada pukul 14.00 WIB, korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintoharjo.

Selain Sulistyo, ada tiga korban lainnya yakni Irjen Pol Purnawirawan Abu Bakar, Edi Suwandi dan Dimas Qadar Radityo.



Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016