Makassar (ANTARA News) - Manajemen mal dan hotel ikut berpartisipasi dalam mengampanyekan gerakan hemat energi "Earth Hour" Global di Makassar, Sulawesi Selatan, yang diperingati pada Sabtu, 19 Maret 2016.

Creative Design & Communication Mall Ratu Indah (MaRI), Jesse Resky di Makassar, Selasa, mengatakan pihaknya merupakan salah satu dari kurang lebih 30 gedung yang ikut berpartisipasi melakukan pemadaman lampu pada hari itu tepatnya pukul 20:30 - 21:30 Wita.

"Dari tahun ke tahun, Manajemen MaRI bersama komunitas Earth Hour Makassar telah bekerja sama untuk mengkampanyekan gerakan hemat energi," jelasnya.

Respon positif terhadap kampanye Earth Hour Global untuk saat ini memang harus didukung karena terkait sejumlah isu penting khususnya dalam hal penghematan energi.

Sementara itu, Marcom and Promotion Hotel Aryaduta Makassar, juga mengatakan komitmen dan

dukungannya gerakan Earth Hour dengan ikut memadamkan listrik pada saat perayaan 19 Maret 2016.

"Kami ikut merespon isu lingkungan dengan melakukan hal kecil yaitu memadamkan listrik pada hari Sabtu 19 Maret 2016 mulai jam 20.30 - 21.30 Wita. Kegiatan EARTH HOUR (memadamkan listrik selama satu jam) merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan tiap tahun," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya pada 19 maret ini akan memadamkan lampu di beberapa titik diantaranya area lobi, Bellini Restaurant, dan Le Bar Atelier.

"Kami juga akan mengirimkan surat ajakan kepada para tamu yang menginap diperiode tersebut untuk turut serta memadamkan listrik sebagai bentuk kepedulian terhadap Bumi," katanya.

Program Hijau yang dilakukan manajemen hotel bukan hanya saat pemadaman ketika Earth Hour saja. Namun, kata dia, juga ada berbagai macam pilihan program internal seperti Konservasi Air, Konservasi energi, Pembelian material ramah lingkungan, Pengurangan Emisi Karbon, dan Manajemen Limbah.

Selain program hijau internal, Aryaduta Makassar juga menawarkan program hijau eksternal yang melibatkan tamu hotel, seperti program layanan housekeeping yang mempunyai pilihan unik seperti layanan standard, dan layanan Environment Protect Nature.

Selanjutnya layanan standard meliputi penggantian seprei dan handuk serta membersihkan karpet dan sofa dengan penyedot debu.

Serta layanan Environment Protect Nature meliputi tidak mengganti handuknya, hanya perapian ranjang saja. Untuk karpet dan sofa tetap dibersihkan dengan penyedot debu. ini.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016