Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan bahwa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan dengan intensitas bervariasi pada Kamis siang hingga malam.

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, menyebutkan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, dan Bekasi kemungkinan akan mengalami hujan sedang mulai siang hari.

Sementara itu wilayah Bogor diprakirakan mengalami hujan lebat pada siang hari.

Kemudian, hujan yang melanda seluruh wilayah Jabodetabek tersebut kemungkinan masih akan berlanjut selepas sore hari.

Hampir seluruh wilayah Jabodetabek diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang pada malam hari.

BMKG juga merilis suhu cuaca di Jakarta berkisar antara 23 hingga 31 derajat Celcius, dengan kelembaban udara mulai 70 persen hingga 96 persen.

Menurut BMKG, wilayah Jabodetabek masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terutama siang, sore, dan malam hari pada 17-19 Maret 2016.

Hal tersebut disebabkan adanya konvergensi di Laut Jawa hingga Laut Flores serta belokan angin yang memanjang di Kepulauan Riau hingga Kalimantan Barat dan Sulawesi bagian Utara hingga Maluku Utara. Kelembaban udara yang cukup tinggi juga mendukung proses pertumbuhan awan hujan.

Peringatan dini cuaca selama tiga hari ke depan yang dikeluarkan BMKG, bukan hanya di wilayah Jabodetabek yang berpotensi hujan sedang hingga lebat, beberapa wilayah lainnya di Indonesia juga berpotensi hujan lebat seperti Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan Maluku bagian Tenggara.

Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Kukuh Ribudiyanto mengatakan pada April mendatang akan terjadi transisi dari musim hujan ke musim kemarau, dan Mei mulai memasuki musim kemarau.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016