Bandung (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi digulirkannya turnamen Piala Bhayangkara 2016 yang diprakarasi oleh Polri sebagai bentuk peran serta membina olahraga di Indonesia terutama cabang sepak bola.

"Ini adalah salah satu peran Polri dalam membina olahraga di Indonesia. Tidak hanya sepak bola, Polri juga membina olahraga lain seperti bola voli," kata Menpora Imam Nahrawi di sela pembukaan Piala Bhayangkara di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, untuk melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan prestasi olahraga Indonesia memang butuh melibatkan banyak pihak. Apa yang dilakukan kepolisian ini merupakan salah satu peran serta dalam meningkatkan pembinaan.

Turnamen Piala Bhayangkara ditandai dengan pertandingan antara tuan rumah Persib Bandung melawan Mitra Kukar dan pembukaannya sendiri dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Namun, kick off tidak dilakukan seperti biasanya dengan menendang bola ditengah lapangan. Namun hanya pemberian bola dari presiden pada wasit Hendri Kristanto.

Sebelum pertandingan dimulai, Ketua Panitia Penyelenggara yaitu Kapolri Jenderal Badrodin Haiti juga memberikan pemaparan dihadapan presiden mulai waktu pelaksanaan turnamen hingga jumlah klub yang bertanding. Turnamen dengan hadiah utama Rp2,5 miliar itu diikuti 10 klub.

"Piala Bhayangkara ini digelar untuk menjaga semangat sepak bola di Tanah Air yang saat ini masih dalam pembenahan. Selain itu juga untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-70. Semoga Piala Bhayangkara ikut berkontribusi memajukan sepakbola Indonesia," kata Kapolri Badrodin Haiti.

Secara umum pembukaan turnamen Piala Bhayangkara berjalan lancar meski beberapa acara terpaksa harus ditiadakan karena terkendala hujan yang cukup deras. Acara yang dibatalkan diantaranya konser grup band Gigi dan Sheila on Seven.

Meski hujan cukup deras, antusias suporter tuan rumah terbilang luar biasa. Stadion dengan kapasitas 40 ribu penonton hampir penuh. Hal ini menunjukkan jika sepak bola masih tetap menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu pecinta sepak bola nasional.

Persib Bandung yang mendapatkan dukungan dari ribuan bobotoh ternyata cukup kesulitan untuk berkembang. Bahkan, tim yang berjuluk Maung Bandung ini sempat tertinggal lewat gol Marlon da Silva. Beruntung menjelang pertandingan usai, Vladimir Vujovic mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016