Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 43 negara dipastikan akan berpartisipasi dalam ajang "The Association For International Sport for All" (TAFISA) yang digelar pada 6 hingga 12 Oktober 2016, kata Ketua Panitia Pelaksana Hayono Isman.

"Hingga Maret ini, sudah 43 negara yang mengkonfirmasi kepada kami bahwa mereka akan hadir dalam TAFISA nanti," ujarnya di Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang menjabat pada waktu kepemimpinan Presiden Soeharto ini tidak merinci nama negara-negara yang akan hadir dalam kegiatan yang bakal dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara itu.

Namun, ia menjelaskan 43 negara tersebut merupakan perwakilan dari setiap benua, yakni Eropa, Amerika, Asia, Afrika, dan Australia.

Hayono mengakui jumlah partisipan yang ikut menyemarakkan pesta olahraga rekreasi se-dunia ini masih belum sesuai target yang direncanakan, yaitu sebanyak 110 negara.

Kendati demikian, ia menilai promosi yang akan segera digelar dalam waktu dekat akan memancing negara-negara lain untuk ikut serta pada acara yang juga bakal memamerkan sejumlah lokasi pariwisata yang ada di Tanah Air ini.

"Kami berharap dengan dukungan banyak pihak dan kegiatan promosi nanti, kepesertaan pada TAFISA ini semakin meningkat," tambahnya.

TAFISA yang juga dikenal dengan Olimpiade Olahraga Rekreasi ini diprediksikan akan diikuti sekitar 11.500 peserta dari luar negeri, serta 5000 peserta yang berasal dari Indonesia.

Beberapa kompetisi olahraga rekreasi yang akan digelar pada TAFISA 2016 di antaranya pencak silat, dansa, gateball, barongsai, layang-layang, cheerleader, olahraga tradisional anak-anak, dan lain-lain.

Panitia merencanakan pembukaan akan digelar di Stadion Patriot Bekasi, Jawa Barat. Pihak panitia juga menyiapkan Stadion Cibinong, Bogor, sebagai lokasi alternatif untuk acara pembukaan.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016