Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa mengalokasikan anggaran untuk seluruh desa di Provinsi Sulawesi Barat mencapai Rp363 miliar pada 2016.

Kepala Bidang Usaha Ekonomi dan Keluarga Badan Pengembangan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sulbar, Muh Yasin di Mamuju, Jumat, mengatakan pada 2016 kementerian desa mengalokasikan anggaran untuk Sulbar sebesar Rp363 miliar untuk sebanyak 570 desa di Sulbar.

Ia mengatakan, anggaran tersebut meningkat dibandingkan anggaran desa untuk Sulbar mencapai Rp162 miliar atau meningkat sebesar 40 persen.

Menurut dia, anggaran desa untuk Sulbar akan dialokasikan dua tahap yakni pada awal maret bulan ini dan pertengahan bulan di tahun ini.

"Diharapkan anggaran yang dialokasikan tersebut akan banyak kegiatan kebutuhan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia di desa agar dapat memahami cara membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa," katanya.

Ia juga berharap anggaran desa dapat membangun sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun desa dalam rangka mengatasi kemiskinan dan ketertinggalan daerah.

"Sejumlah daerah tertinggal di Sulbar diharapkan dapat mengeluarkan kategorinya sebagai daerah tertinggal dengan mengelola anggaran desa yang dialokasikan ini," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016