Melbourne (ANTARA News) - Juara Formula 1 musim 2015, Lewis Hamilton, menempati posisi pertama kualifikasi GP Australia, Sabtu, untuk tim Mercedes. Ini berarti pembalap Inggris itu akan mulai berlomba dari tempat terdepan pada Minggu nanti (20/3).

Perolehan waktu terbaik Hamilton satu menit 25,351 detik dalam kualifikasi Australia Grand Prix itu sekaligus merupakan rekor pole ke-50 milik pebalap berusia 31 tahun itu.

Rekan satu tim Hamilton, Nico Rosberg, menempati posisi kedua kualifikasi yang diikuti Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen dari Tim Ferrari pada posisi ketiga dan keempat.

Pebalap asal Belanda, Max Verstappen, menempati posisi kelima untuk tim Toro Rosso dan diikuti Felipe Massa dari tim Williams pada posisi keenam.

Adapun pembalap Indonesia, Rio Haryanto, yang juga satu-satunya pembalap Asia-Afrika yang berlaga pada musim balap Formula 1 tahun ini, harus puas ada di posisi paling buncit dari 22 pembalap. Ini juga menjadi debut perdana Rio. 

Rio beroleh hukuman setelah mobil Manor Mercedes-nya bertabrakan dengan jet darat tim Haas Ferrari yang tengah dikendalikan Romain Grosjean asal Prancis. 

Sesi kualifikasi GP Australia mengawali penerapan aturan baru dalam perlombaan Formula 1 musim 2016 yaitu eliminasi pebalap paling lambat dalam jeda 90 detik.

Aturan yang mendasarkan pada sistem eliminasi pada tiga kali kualifikasi itu bertujuan memasukkan lebih banyak ketertarikan pada perlombaan Formula 1 dibandingkan pembuktian kegagalan pebalap.

Para pebalap berusaha mencetak waktu terbaik pada lap-lap awal mereka dan kemudian kembali ke garasi dibanding berjuang mengakhiri tiap sesi kualifikasi.

Berikut susunan posisi start Formula 1 Australia Grand Prix di sirkuit Albert Park Melbourne yang akan berlangsung pada Minggu (20/3), berdasarkan hasil kualifikasi;

1. Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes
2. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes
3. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari
4. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari
5. Max Verstappen (Belanda) Toro Rosso - Ferrari
6. Felipe Massa (Brasil) Williams-Mercedes
7. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso - Ferrari
8. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull - TAG Heuer
9. Sergio Perez (Meksiko) Force India - Mercedes
10. Nico Huelkenberg (Jerman) Force India - Mercedes
11. Valtteri Bottas (Finlandia) Williams-Mercedes
12. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren
13. Jenson Button (Inggris) McLaren
14. Jolyon Palmer (Inggris) Renault
15. Kevin Magnussen (Denmark) Renault
16. Marcus Ericsson (Swedia) Sauber - Ferrari
17. Felipe Nasr (Brasil) Sauber - Ferrari
18. Daniil Kvyat (Rusia) Red Bull - TAG Heuer
19. Romain Grosjean (Prancis) Haas - Ferrari
20. Esteban Gutierrez (Meksiko) Haas - Ferrari
21. Pascal Wehrlein (Jerman) Manor - Mercedes
22. Rio Haryanto (Indonesia) Manor - Mercedes. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016