Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Banten melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) akan membangun 20 taman atau ruang terbuka hijau selama 2016.

Kepala Bidang Pertamanan pada DKP Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Selasa, mengatakan taman tersebut antara lain Taman Bujug Buneng, Taman Lalu Lintas, Cisadane River Promenade, Taman Akhlakul Karimah, Taman Film, Taman Lampu dan beberapa pekerjaan lanjutan dari taman yang sudah ada.

"Setiap taman memiliki tema tersendiri. Ada taman yang baru kita kerjakan dan lanjutan dari pekerjaan tahun lalu," ujarnya.

Ia mengharapkan dengan banyaknya taman di Kota Tangerang akan menambah keberadaan ruang terbuka hijau serta menjadi fasilitas publik.

Tihar menyebutkan antusias masyarakat untuk datang ke taman begitu tinggi. Seperti halnya Taman Potret yang tak pernah sepi setiap harinya.

Sementara itu, jumlah taman atau ruang terbuka hijau yang dikelola oleh DKP hingga awal tahun 2016 ada 140 titik dengan luas 45,49 hektare.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan setiap taman yang telah ada harus diisi dengan berbagai kegiatan oleh masyarakat sehinga camat dan lurah harus aktif mengajak warganya untuk melakukan kegiatan sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

Begitu pula menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Petugas kebersihan yang ada di setiap taman agar selalu membersihkan setiap waktu agar taman bersih.

"Harus ada sinergi. Warga tidak boleh membuang sampah sembarangan. Petugas pun harus rajin jika memang ada sampah, jangan sampai ada penumpukan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016