Jakarta (ANTARA News) - Apple resmi merilis iPad Pro dengan layar 9,7 inci. Mirip dengan pendahulunya iPad Pro 12,9 inci, iPad Pro berukuran lebih kecil itu mengusung chipset A9X dengan RAM 4GB.

Tidak hanya itu, iPad Pro 9,7 inci itu memperkenalkan tampilan baru True Tone dengan resolusi pixel 2048 x 1536 dan gamut warna yang lebih luas dengan saturasi warna 25 persen lebih besar dibandingkan iPad Air 2.

Selain untuk mendukung Night Shift pada iOS 9.3, tampilan baru yang bergantung pada sepasang sensor baru tersebut dapat menyesuaikan suhu dengan warna layar.

Tampilan baru tersebut memiliki keterangan 500 nits, gamut warna yang lebar (DCI P3), dan, seperti biasa, bebas arsenik.

Dari segi kamera, iPad Pro baru lebih baik dibandingkan pendahulunya, dengan kamera belakang 12MP dan True Tone flash, serta kamera depan 5MP dengan pilihan Retina (screen) flash. Kamera belakang juga mampu merekam video 4K dan video gerak lambat 240fps.

Seperti pada versi yang lebih besar, iPad Pro baru juga memiliki empat speaker, dan terbuat dari bahan aluminium dengan empat pilihan warna, Gray, Silver, Gold dan Rose Gold.

iPad Pro 9,7 inci tersebut juga didukung Band LTE yang lebih luas, 23 dibanding 20 pada versi yang lebih besar. Perangkat tersebut juga kompatibel dengan Apple Pencil.

iPad Pro baru (Wi-Fi) hadir dalam tiga pilihan penyimpanan, 32GB seharga 599 dolar AS, 128GB dengan harga 749 dolar AS, dan 256GB dibandrol 899 dolar AS. Dengan menambah 130 dolar AS pengguna dapat mendapatkan versi seluler untuk kapasitas penyimpanan yang sama.

Pre-order iPad Pro baru akan tersedia pada 24 Maret, sementara penjualan akan dimulai pada 31 Maret.

Sama seperti tahun lalu, Apple juga akan menawarkan Smart Keyboards dan Pencil yang kompatibel untuk iPad Pro baru. Smart Keyboards dibandrol 149 dolar AS, sedangkan Pencil ditawarkan dengan harga 99 dolar AS, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016