Jakarta (ANTARA News) - Kalimantan Tengah bisa menjadi  lumbung bawang merah karena varietas komoditas yang ada di Kalimantan Tengah berukuran besar sehinga bisa dikembangkan secara masif, kata Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo di Palangka Raya, Kalteng.

Edhy, dalam siaran pers DPR mengatakan, varietas bawang merah di Kalteng tersebut perlu diuji kembali agar dapat dibudidayakan secara masih

Edhy mengatakan, bawang merah tersebut dibudidayakan di Taman Teknologi Pertanian, Banturung. Varitas bawang merah Kalteng ini bisa menjadi alternatif lain dari bawang merah yang selama ini dipasok dari Jawa Tengah.

"Ada bawang merah di Kalteng yang ukurannya besar-besar. Ini bisa dilakukan pengujian. Kalau sudah diuji lalu diperbanyak. Siapa tahu Kalteng bisa jadi lumbung bawang merah. Dan kalau sudah jadi lumbung, buat apa lagi kita mengimpor bawang merah dari luar negeri," kata politisi Partai Gerindra itu.

Berbagai varitas tanaman yang sedang dibudidayakan di Taman Teknologi Pertanian, Banturung, Kalteng ini, sambung Edhy, bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menanam varitas unggulan dari daerah masimg-masing.

Di sini para kelompok tani diberi pengetahuan yang memadai tentang bercocok tanam sekaligus pengolahan pasca panen.

"Saya pikir kebun pertanian ini memperlihatkan bahwa masyarakat ingin menanam tanaman unggulannya sendiri. Kita dorong, mudah-mudahan ini bisa terus dimaksimalkan," ucapnya lagi.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016