Larantuka, Flores Timur (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan akan mengikuti prosesi Semana Santa yang telah menjadi tradisi umat Katolik di Larantuka, Flores Timur, kata Kapolda NTT Brigjen Pol E. Widya Sunaryo, Rabu.

"Menteri dijadwalkan besok akan tiba di Larantuka, agar besok bisa menghadiri prosesi Semana Santa," katanya kepada Antara saat ditemui seusai mengikuti tradisi cium Tuan Ma di Kapela Tuan Ma, Larantuka.

Menteri Jonan, lanjutnya, akan didampingi oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya saat mengikuti Prosesi Semana Santa tersebut

Prosesi Semana Santa yang tahun ini akan jatuh pada 25 Maret 2016 itu, merupakan sebuah tradisi sakral dalam agama Katolik untuk memperingati wafat Yesus kristus. Di Larantuka ibu kota Kabupaten Flores Timur tradisi itu telah dilaksanakan sejak 500 tahun lampau.

Tradisi keagamaan yang merupakan warisan Portugis itu, sudah berlangsung lebih dari 500 tahun ketika bangsa Portugis menyebarkan agama Katolik dan berdagang cendana di Kepulauan Nusa Tenggara. Prosesi Jumat Agung itu diawali dari perayaan Rabu Trewa.

Prosesi Semana Santa ini juga merupakan sebuah agenda tahunan dari pemerintah daerah Flores Timur sebagai wisata rohani dalam menarik.

"Menteri juga dijadwalkan akan mengunjungi gereja Wureh di Adonara yang juga menjadi bagian dari Prosesi Semana Santa di Larantuka," tambahnya.

Sementara itu, terkait keamanan jelang Prosesi Semana Santa, pria yang pernah menjadi Kapolres di Atambua tersebut mengaku situasi keamanan berjalan normal dan kondusif.

"Sampai saat ini masih kondusif saja, untuk prosesi di Larantuka, kita bekerja sama dengan TNI, pemuda-pemuda Muslim, GMIT, serta orang muda katolik di sini," tuturnya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016