Washington (ANTARA News) - Pentagon pada Jumat (25/3) mengumumkan bahwa seorang komandan senior kelompok ISIS di Suriah tewas dalam penyerbuan yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat (AS).

Abd al-Rahman Mustafa al-Qaduli, yang juga dikenal sebagai Haji Imam atau al-Afri, yang menjabat sebagai menteri keuangan ISIS, pekan ini ditewaskan oleh militer Amerika Serikat, kata Kepala Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter di Pentagon.

"Kami menewaskan pemimpin yang menaungi pendanaan untuk operasi ISIL (nama lain ISIS), mencederai kemampuan mereka untuk membayar petempur dan melakukan perekrutan," kata Carter, menambahkan bahwa koalisi pimpinan Amerika Serikat "secara sistematis melenyapkan" kabinet ISIS.

Carter menolak memberikan keterangan rinci mengenai operasi melawan al-Qaduli, yang menurut banyak analis merupakan komandan kedua yang diproyeksikan memimpin kelompok itu setelah pemimpinnya Abu Bakr al-Baghdadi tewas atau dilumpuhkan.

Jaringan televisi Amerika Serikat CNN pada Jumat mengutip para pejabat Amerika Serikat yang berbicara dengan syarat namanya tak disebutkan bahwa penyerbuan Amerika Serikat semula ditujukan untuk menangkap al-Qaduli hidup-hidup.

Carter mengakui penyerangan terhadap kepemimpinan ISIS masih jauh dari cukup, mencatat bahwa "pemimpin bisa digantikan."

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, ini bukan pertama kalinya al-Qaduli dinyatakan tewas.

Kementerian Pertahanan Irak bulan Mei tahun lalu mengumumkan bahwa serangan koalisi pimpinan Amerika Serikat telah menewaskan dia di bagian utara Irak, klaim yang segera ditepis oleh Pentagon.

Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut al-Qaduli sebagai teroris global khusus pada 2014.

Tahun 2015, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menawarkan tujuh juta dolar AS sebagai penghargaan untuk informasi mengenai dia, penghargaan tertinggi yang ditawarkan untuk informasi mengenai anggota ISIS manapun kecuali pemimpin kelompok al-Baghdadi.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016