Cirebon, (ANTARA News) - Ajang Festival Pesona Cirebon yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Maret sampai 2 April oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat, merupakan awal mula deklarasi untuk wilayah tersebut siap menjadi tujuan wisata.

"Kami berharap dengan adanya Festival Pesona Cirebon, Cirebon bisa dikenal lagi oleh masyarakat luas dan inilah awal mula deklarasi siap menjadi tujuan wisata," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Arief Natadiningrat di Cirebon, Minggu.

Festival pesona Cirebon dijadwalkan pada akhir bulan Maret yaitu tanggal 31 Maret sampai dengan 2 April 2016, dimana tujuannya itu adalah menyebarluaskan semua potensi yang ada di Cirebon.

Untuk itu, dalam acara itu semua seni, budaya dan juga kuliner asli Cirebon akan disuguhkan, agar dikenal lagi oleh masyarakat luas.

"Semua kesenian, budaya dan kuliner khas Cirebon akan digelar selama ajang festival pesona Cirebon," tuturnya.

Selain pengenalan Cirebon, ajang ini juga bentuk keseriusan Cirebon menjadi kota tujuan wisata dan akan mencoba menyusul dua kota wisata di Indonesia yaitu Yogyakarta dan Bali.

Sultan menuturkan meskipun Cirebon saat ini tertinggal jauh dengan dua kota tersebut, akan tetapi Sultan optimis dapat mengejar ketertinggalan itu.

"Harus optimis bisa mengejar ketertinggalan, karena potensi Cirebon itu ada dan harus digali terus digali," tuturnya.

Sultan menambahkan untuk persiapan festival tersebut sudah mendekati 100 persen. "Kalau seniman sudah siap 100 persen dan tempat 80 persen dan kami pastinya percaya saat ajang ini digelar sudah siap semuanya," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016