Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA News) - Pemesanan atau pembelian tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2016 pada hari pertama penjualan masih sepi, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono.

"Penjualan tiket mudik lebaran mulai dibuka dini hari tadi, pukul 00.00 WIB. Tiket yang dijual untuk keberangkatan H-10 lebaran atau 26 Juni 2016," katanya, di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin.

Berdasarkan pantauan sistem pemesanan tiket kereta api,  pada pukul 10.30 WIB Senin ini, kata dia, tiket H-10 lebaran untuk KA lintas selatan pemberangkatan dari Stasiun Gambir masih tersedia sekitar 2.500 tempat duduk sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Pasarsenen masih tersedia sekitar 7.800 tempat duduk.

Dengan demikian, lanjut dia, tiket KA lintas selatan untuk mudik pada H-10 lebaran masih tersedia sekitar 10.300 tempat duduk.

Dia mengakui kondisi tersebut jauh berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya di mana tiket KA mudik lebaran sering kali habis terjual atau dipesan pada hari pertama penjualan.

"Pada arus mudik tahun ini, kemungkinan H-10 lebaran belum masuk masa cuti bersama sehingga masyarakat belum melakukan pemesanan atau pembelian tiket," katanya.

Dia memperkirakan pemesanan atau pembelian tiket KA mudik lebaran untuk tanggal keberangkatan yang masuk masa cuti bersama akan melonjak.

Seperti diwartakan, PT KAI membuka penjualan tiket mudik Lebaran 2016 mulai hari Senin (28/3), pukul 00.00 WIB.

"Tiket KA untuk mudik lebaran yang mulai dijual tersebut adalah tiket KA reguler untuk keberangkatan H-10 lebaran atau tanggal 26 Juni 2016," kata Surono.

Sementara untuk KA Tambahan Lebaran, kata dia, pemesanan tiketnya belum bisa dilayani.

Menurut dia, penjualan tiket mudik tersebut akan dilaksanakan bertahap sesuai kebijakan masa pemesanan tiket H-90 untuk masing-masing tanggal keberangkatan. 

Dalam hal ini, lanjut dia, penjualan tiket pada hari Senin (28/3) untuk keberangkatan H-10 lebaran, hari Selasa (29/3) untuk H-9 lebaran, dan seterusnya sampai tiket untuk keberangkatan H+10 lebaran.

"Sama seperti pada masa lebaran tahun lalu dan pada hari-hari biasa, penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2016 juga dilaksanakan secara online," katanya. 

Ia mengatakan bahwa masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui laman http://tiket.kereta-api.co.id, aplikasi telepon pintar, pusat panggilan PT KAI 121, agen tiket KA, minimarket, Kantor Pos, Pegadaian, E-kiosk, serta kanal-kanal eksternal lainnya. 

Menurut dia, setiap tanggal keberangkatan mudik lebaran untuk KA lintas selatan secara keseluruhan disediakan 38.900 tempat duduk dari 70 KA reguler atau 35 KA reguler pergi-pulang.

"Jumlah tersebut meliputi tiket dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Jember, serta Semarang dan sebaliknya," kata Surono. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016