Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mengirim 11 wakil ke turnamen tingkat superseries India Terbuka 2016 di Stadion Siri Fort New Delhi, India, Selasa (29/3) hingga Minggu (3/4).

Sebelas wakil Indonesia yang mengikuti turnamen berhadiah total 300 ribu dolar AS itu, seperti tercantum dalam situs tournamentsoftware.com, Senin, adalah Sony Dwi Kuncoro pada babak kualifikasi tunggal putra dan Tommy Sugiarto sebagai pemain unggulan delapan pada babak utama tunggal putra.

Pada nomor tunggal putri, Maria Febe Kusumastuti dan Linda Wenifanetri akan maju sebagai wakil Merah-Putih.

Atlet ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi turun pada nomor ganda putra.

Dua pasangan putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari sebagai unggula pertama dan pasangan Anggia Shitta Awanda/Mahadewi Istirani Ni Ketut mewakili Indonesia pada nomor ganda putri.

Selain dua pasangan unggulan ganda campuran yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto, pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili akhirnya kembali pada nomor ganda campuran setelah turun terakhir pada China Terbuka 2015.

India Terbuka menjadi satu dari tiga turnamen tingkat superseries terakhir menjelang penutupan poin kualifikasi Olimpiade Rio 2016 untuk cabang bulu tangkis.

Dua turnamen superseries lain yang tersisa untuk pengumpulan poin Olimpiade Rio 2016 adalah Malaysia Terbuka 2016 dan Singapura Terbuka 2016.

Tiga turnamen itu merupakan peluang terakhir bagi wakil Indonesia terutama nomor tunggal putri yang belum mencapai batas aman yaitu peringkat 16 besar dalam daftar kualifikasi Olimpiade Rio.

Linda Wenifanetri dan Maria Febe Kusumastuti masing-masing menempati peringkat 21 dan 22 dalam daftar kualifikasi itu. Linda mengumpulkan poin total 40.770 dan Febe dengan poin 40.091.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016