Barcelona (ANTARA News) - Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, bertekad memberikan kemenangan pada laga El Clasico, Sabtu (3/4), sebagai perhormatan untuk Johan Cruyff yang meninggal pada pekan lalu.

Barcelona akan menghadapi musuh bebuyutan, Real Madrid, di stadion Camp Nou pada akhir pekan ini, atau pertandingan pertama kedua tim setelah Cruyff meninggal.

Legenda Belanda, Cruyff, meninggal di usia 68 tahun setelah lima bulan berjuang melawan kanker paru-paru. Iniesta mengatakan ada motifasi ekstra untuk menghadirkan kemenangan demi menghormati mantan pemain dan pelatih tim Katalan itu.

"Penghormatan terbaik untuk apa yang ia berikan kepada kami semua, khususnya penggemar Barcelona, juga untuk dunia sepak bola," kata Iniesta dilansir dari Skysports, Rabu.

"Bagi kami, dalam sebuah pertandingan spesial, tanpa rasa ragu ini menjadi motivasi ekstra bagi kami untuk mencoba dan memenangkan pertandingan," jelas Iniesta.

Setidaknya sekitar 90.000 penonton akan memadati stadion Nou Camp sekaligus akan ambil bagian dalam pertujukan mosaik bertema "Gracies Johan" (Terima kasih Johan) dan para pemain akan menyampaikan pesan pada baju mereka.

Pada laga itu juga akan disiarkan video perjalanan karir Cruyff dan hening selama satu menit untuk mengenang dia. Laga ini juga akan dihadiri semua mantan presiden Barcelona.

Pernah memenangkan satu gelar liga dan Copa del Rey, ​​Cruyff merevolusi raksasa Catalan dalam delapan tahun sebagai pelatih dengan mempersembahkan empat gelar La Liga dan Piala Liga Champions.

Cruyff juga menanamkan mental bermain menyerang pada teknis di pendidikan akademi pemain Barca yang melahirkan Lionel Messi dan Iniesta kendati setelah Cruyff meninggalkan klub.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016