Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengagendakan bertolak ke Kuba dalam beberapa waktu mendatang, untuk mempelajari pembangunan kesehatan di sana.

Hal ini Zulkifli saat bertemu Duta Besar Cuba untuk Indonesia, Nirsia Castro Guevara di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis, seperti dalam keterangan tertulis MPR.

Dia menilai, pembangunan bidang kesehatan di Kuba tidak hanya membuat masyarakat di sana sehat namun juga memiliki rata-rata usia hidup yang panjang, hingga 70 tahun. Dunia mengakui itu.

Dalam kesempatan itu Guevara mengatakan, pemerintah Kuba berharap pimpinan MPR dapat melawat ke negeri itu, terutama untuk bertemu dengan parlemen, pemerintahan Kuba serta melihat pembangunan di sana.

Zulkifli secara terbuka mengaku kagum pada Kuba, apalagi negeri itu memiliki pemimpin sekaliber pendahulunya, Fidel Castro. Selain itu, meski terkena embargo oleh Amerika Serikat, namun Kuba mampu menghadapi tekanan itu.

"Suatu negara yang luar biasa yang mampu mengatasi tekanan," ujar dia.

Disampaikan kepada Guevara bahwa Indonesia dan Cuba memiliki sejarah yang panjang dalam menjalin persahabatan. Sejak masa Presiden Soekarno dan Fidel Castro, kedua negara bahkan saling mendukung dan saling memberi inspirasi.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016